Sabtu, 12 November 2022

Endorser (skripsi, tesis, disertasi)

Menurut Terence A. Shimp (2010), endorser adalah pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan dalam mendukung iklan produknya. Shimp juga membagi endorser dalam 2 (dua) jenis, yaitu : 9 a. Typical-Person Endorser adalah orang-orang biasa yang tidak terkenal untuk mengiklankan suatu produk. b. Celebrity Endorser adalah penggunaan orang terkenal (Public Figure) dalam mendukung suatu iklan. Celebrity endorser didefinisikan sebagai seorang figure yang dikenal baik oleh publik dan memerankan dirinya sebagai konsumen dalam iklan. Selebriti meliputi bintang film maupun bintang televisi, bintang olahraga, penyanyi dan orang-orang tertentu lainnya yang berpengaruh (Sidharta, 2014). Banyak faktor yang dipertimbangkan produsen dalam memilih endorser sebagai bintang iklan. Penelitian yang dilakukan oleh Guan Feng Song dan Sirion Chaipoopiratana (2008) menyimpulkan bahwa faktor yang digunakan untuk memilih celebrity endorser adalah: 1. Risk Faktor risiko ini sendiri terdiri dari biaya untuk memperoleh layanan dari selebriti (endorcement fee), citra resiko perubahan besar kecilnya kemungkinan bahwa selebriti akan berada dalam masalah setelah dukungan dilakukan (image change risk), sulit atau mudahnya selebriti bekerjasama (exclusive representation), berapa banyak merek lain yang sedang didukung selebriti tersebut (overshadowing) dan perbedaan karakter selebriti dengan produk yang diiklankan (differentiation). 2. Physical Attractiviness Sifat yang dimiliki seorang yang dapat menimbulkan rasa ketertarikan terhadap dirinya. Daya tarik fisik seorang selebriti adalah salah satu alasan 10 untuk seorang selebriti disukai oleh penonton. Faktor Physical Attractivines ini sendiri terdiri dari Kecakapan/ kecantikan (handsome/ pretty), modis (fashionable), sexi (sexy), daya tarik (attractiviness), dan elegan (elegant). 3. Credibility Credibility juga dianggap penting sebagai alasan utama dan faktor penentu dalam pemilihan celebrity endorser. Kredibilitas adalah sebuah sifat yang dimiliki seseorang yang dapat menimbulkan kepercayaan orang lain terhadap dirinya atas kebenaran yang disampaikan melalui iklan. Faktor tersebut meliputi Reputasi (reputation), popularitas seorang celebrity endorser(popularity), Citra publik tentang celebrity endorser (public image), kepercayaan (trustworthiness), dan laku tidaknya celebrity endorser(deporment). 4. Amiability Amiability mengacu pada kemampuan selebriti untuk menjaga keramahan dengan masyarakat sehingga bisa diterima dan disukai oleh masyarakat. Oleh karena itu praktisi lebih mendukung selebriti yang sangat ramah. Faktor Amiability ini sendiri terdiri dari Keberanian (outgoing and bold), disukai (likeability), dan celebrity yang dapat membina hubungan sosial (socialassociation/ intercourse). 5. Celebrity Product Match Para eksekutif periklanan menuntut agar citra selebriti, nilai, dan perilakunya sesuai dengan kesan yang diinginkan untuk produk yang diiklankan. Faktortersebut terdiri dari penampilan celebrity endorser yang  cocok dengan produk (celebrity appearance/ image product match), dan kelebihan selebriti yang cocok dengan produk (celebrity value product match). 6. Proffesion Orang akan menghormati profesi apa pun, seperti sebagai pekerja keras dan seseorang yang bertanggung jawab. Apabila profesi selebriti memiliki beberapa hubungan dengan produk yang didukung sehingga dapat dipercaya untuk berbicara tentang produk yang didukung, hal tersebut akan menjadikan pengaruh yang besar bagi masyarakat untuk memilih produk yang diiklankan oleh celebrity endorser tersebut. Faktor ini terdiri dari Keahlian (expertise), pekerja keras (hardworking and responsible) dan berpengetahuan (knowledge/ qualified to talk about product). 7. Celebrity Audience Match Bahwa kecocokan selebriti tidak hanya pada produk yang diiklankan akan tetapi kecocokan meliputi bintang iklan dimana merupakan public figur yang patut dipandang oleh khlayak umum. Faktor Celebrity Audience Match ini terdiri dari Penampilan selebriti yang cocok dengan penonton (celebrity appearance/ image audience match). Menurut Shimp (2010) mengatakan lima atribut khusus Endorser dijelaskan dengan akronim TEARS, dimana TEARS tersebut terdiri dari : 1. Truthworthiness (dapat dipercaya) Mengacu pada kejujuran, integritas dan kepercayaan diri dari seorang sumber pesan  2. Expertise (keahlian) Mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki oleh seorang endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung seorang endorser yang diterima sebagai seorang yang ahli pada merek yang didukungnya akan lebih persuasive dalam menarik audience daripada seorang endorser yang tidak diterima sebagai seorang yang ahli. 3. Attractiveness (dayatarik fisik) Mengacu pada yang dianggap sebagai hal yang menarik untuk dilihat dalam kaitannya dengan konsep tertentu dengan daya tarik fisik. 4. Respect (kualitas dihargai) Kualitas yang dihargai ataudigemari sebagai akibat dari kualitas pencapaian personal 5. Similarity Mengacu pada kesamaan antara endorser dan audience dalam hal umur , jenis kelamin, etnis, status social, dan sebagainya

Tidak ada komentar: