Menurut Babalhavaeji dan Kermani (2011), dari perspektif
motivasi intrinsik, perilaku ditimbulkan oleh kebutuhan karyawan
untuk merasa kompeten dalam berurusan dengan lingkungan mereka.
Manfaat timbal balik, rasa percaya diri dan kenikmatan dalam
membantu orang lain dianggap sebagai motivasi yang kuat untuk
berbagi pengetahuan.
Dalam penelitian yang berjudul “Individual Factors and
Knowledge sharing” oleh Eugene Okyere-Kwakye dan Khalil Md Nor,
(2011) menyatakan bahwa Organisasi tidak akan berhasil dalam
menciptakan pengetahuan tanpa individu karena individu dianggap
sebagai elemen kunci dalam manajemen pengetahuan, dalam hal ini
ada empat faktor pendukung individu untuk berbagi pengetahuan yaitu
kepercayaan, Altruisme, Saling Timbal balik dan Self-efficacy.
Lin ( 2007) menemukan bahwa , perempuan memiliki altruisme
tinggi dibandingkan laki-laki dan sehingga mereka cenderung untuk
berbagi pengetahuan lebih dari pada pria. saling timbal balik adalah
salah satu enabler kunci berbagi pengetahuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar