Adapun beberapa pengertian CRM menurut para ahli, yaitu : Menurut
Kalakota dan Robinson (2001), CRM sebagai integrasi dari strategi penjualan,
pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
Menurut Laudon dan Traver (2002), CRM menyimpan informasi pelanggan
dan menyimpan serta merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan
perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang
memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.
Menurut Kotler (2003), CRM mendukung suatu perusahaan untuk
menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dan menjalin
hubungan dengan tiap pelanggan melalui penggunaan informasi tentang
pelanggan.
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa : Manajemen
hubungan pelanggan (Customer Relationship Management “CRM”) merupakan
jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan
hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya, yang mana tujuannya untuk meningkatkan hubungan dengan tiap pelanggan demi mencapai pertumbuhan
perusahaan yang sehat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar