Selasa, 18 Februari 2020

Penciptaan Nilai dari Bundling (skripsi dan tesis)

Value dari bundling dapat dievaluasi berdasarkan teori mengenai value creation yang dikemukakan oleh (Amit dan Zott, et al 2013:13), bahwa sumber dari penciptaan nilai dapat dilihat dari empat dimensi yaitu Novelty, Lock-in, Complementary dan Efficiency. Berikut penjelasannya: 
1. Novelty. Perusahaan memberikan produk pada konsumen, dengan selalu melakukan inovasi dalam bagaimana perusahaan memasarkan produknya termasuk inovasi produk. Dalam novelty, nilai diperoleh bila konsumen dapat memperoleh produk yang lain dari  pada yang lain atau dengan cara yang baru dan berbeda. Inovasi juga dapat dilihat dari bagaimana melakukan transaksi, serta konten-konten yang disediakan oleh perusahaan. 
2. Lock-in. Membuat pelanggan melakukan pembelian kembali dan bagaimana kemampuan perusahaan untuk mempertahankannya. Lock-in juga dapat diartikan bagaimana cara perusahaan untuk mencegah migrasi konsumen kepada kompetitor, lock-in dinyatakan dengan switching cost. Lock-in juga dapat berhasil dari network externalities yaitu pengaruh dari lingkungan sekitar untuk beralih membeli produk bundling.
 3. Complementary (untuk barang yang di bundling). Memberikan nilai lebih besar dari total nilai yang diberikan oleh produk-produk tersebut apabila dijual secara terpisah. Komplementaritas dapat menjadi sumber dari penciptaan nilai dengan menawarkan produk yang di bundling yang saling melengkapi. 
4. Efficiency. Efisiensi dapat dicapai bila terdapat pengurangan biaya, baik itu biaya transaksi, biaya pencarian, kecepatan dan kemudahan.

Tidak ada komentar: