Senin, 21 Oktober 2019

Teori Kepribadian (skripsi dan tesis)


Menurut Sadli, dkk (1989 : 4) kepribadian adalah corak tingkah laku sosial, corak ketakutan dorongan dan keinginan, corak gerak gerik, corak opini dan sikap. Tingkah laku manusia adalah suatu gerak gerik badan maupun anggota badan. Maka tidak diherankan jika dikatakan bahwa seorang mempunyai kepribadian yang menarik, biasanya kita akan membayangkan dia murah senyum, berbicara dengan gaya yang simpatik, bertindak yang dengan sopan santun lagi ramah tamah. Menurut Agustiani (2006: 128) kepribadian merupakan karakteristik atau cara bertingkah laku yang menentukan penyesuaian dirinya yang khas terhadap lingkungannya. Kepribadian menurut pengertian sehari-hari, sering diartikan atau dihubungkan dengan ciri-ciri tertentu yang menonjol pada diri individu. Contohnya, kepada orang yang pemalu dikenakan atribut “berkepribadian pemalu”, kepada orang yang supel dikenakan atribut “berkepribadian supel”, dan kepada orang yang suka bertindak keras dikenakan atribut “berkepribadian keras”. Selain itu bahkan sering pula dijumpai ungkapan atau sebutan “tidak berkepribadian”.
Dari uraian tersebut bisa diperoleh gambaran bahwa kepribadian, menurut pengertian sehari-hari, menunjuk kepada bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individuindividu lainnya. Kepribadian menurut disiplin ilmu psikologi bisa diambil dari rumusan dari berbagai teoris kepribadian yang terkemuka. George Kelly, misalnya, memandang kepribadian sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya. Teoris yang lain, Gordon Allport, merumuskan kepribadian sebagai “sesuatu” yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu secara khas. Istilah “khas” dalam batasan kepribadian Allport itu memiliki artibahwa setiap individu bertingkah laku dalam caranya sendiri karena setiap individu memiliki kepribadiannya sendiri, tidak ada dua orang yang berkepribadian sama (Koswara, 1991: 10-11).
Dari berbagai pendapat tentang Kepribadian di atas, dapat disimpulkan bahwa kepribadian merupakan corak tingkah laku, sifat-sifat atau kumpulan sifat individu yang membedakannya dengan individu lain, karena indvidu merupakan khas dari seseorang. Dari pendapat-pendapat yang telah dikemukakan dari berbagai tokoh, dapat menjadi acuan dalam menganalisis untuk menentukan kepribadian individu atau tokoh utama dalam mengatasi masalah konflik batinnya. 

Tidak ada komentar: