Selasa, 24 September 2019

Model Analisis Domain (Domain Analysis) (skripsi dan tesis)

Analisis domain dipakai dalam melakukan analisis gambaran suatu objek penelitian tingkat permukaan atau secara umum, tetapi relatif utuh mengenai objek penelitian tersebut. Biasanya teknik analisis domain dipakai dalam penelitian yang tujuannya adalah eksplorasi. Maksudnya hasil penelitian tersebut hanya ditargetkan untuk mendapatkan gambaran selengkapnya/ seutuhnya dari suatu objek yang diteliti, tanpa perlu dirincikan secara rinci unsur-unsur yang terdapat dalam keutuhan objek yan diteliti tersebut.

Contohnya orang yang melakukan penelitian menganalisis suatu lembaga sosial, maka kategori simbolik atau domain dari lembaga sosial yaitu: keluarga, rumah sakit, organisasi kepemuddaan, pesantren, perguruan tinggi. Domain dari pesantren terdiri atas: Kyai, guru, santri, juru masak dan lain-lain.

erdapat 6 langkah dalam analisis domain menurut Spredly yaitu:
  • Menentukan pola hubungan semantik tertentu atas dasar fakta atau informasi yang telah tersedia di catatan harian peneliti lapangan.
  • Mempersiapkan kerja analisis domain.
  • Menentukan kesamaan data dari catatan harian peneliti lapangan.
  • Melakukan pencarian konsep induk serta kategori simbolis dari domain tertentu yang ada kesesuaian dengan pola hubungan semantik.
  • Menyusun daftar secara keseluruhan domain dari semua data yang tersedia.

Tidak ada komentar: