Jumat, 27 September 2019

Karekteristik Budaya Organisasi (skripsi dan tesis)

Menurut(Wibowo, 2016)Akar dari suatu budaya organisasi adalah serangakaian karekteristik inti yang secara kolektif dihargai oleh semua anggota organisasi. Karakter budaya organisasi menunjukan ciri ciri, sifat –sifat, unsur-unsur atau elemen-elemen yang terdapat dalam suatu budaya organisasi. Menurut Jerald Greenberg dan Robert A Baron dalam(Wibowo, 2016) Disebutkan bahwa terdapat tujuh elemen yang menunjukan karakteristik budaya organisasi seperti : 
1. Innovation (inovasi), Suatu tingkatan dimana orang diharapkan kreatif dan membangkitkan gagasan baru. 
2. Stability (stabilitas). Bersifat menghargai lingkungan yang stabil, dapat diperkirakan dan berorientasi pada peraturan. 
3. Orientation Toward People (berorientasi pada orang). Merupakan orientasi untuk menjadi jujur, mendukung dan menunjukan penghargaan pada hak individual.
 4. Result Orientation (orientasi pada hasil). Meletakkan kekutannya pada kepeduliannya untuk mencapai hasil yang diharapkan.
 5. Easygoingness (bersifat tenang) Suatu keadaan dimana tercipta iklim kerja bersifat santai.
 6. Attention to Detail (perhatian pada detil), dimaksud dengan kepentingan untuk menjadi analitis dan seksama. 
7. Coolaborative Orientation (Orientasi pada kolaborasi), merupakan orientasi yang menekankan pada bekerja dalam tim sebagai lawan dari bekerja secara individual. 

Tidak ada komentar: