Rabu, 16 Januari 2019

Jenis Pengawasan/Monitoring (skripsi dan tesis)


Berdasarkan pada bagaimana pelaksanaan itu dilaksanakan, menurut Siagian, pengawasan dapat dibedakan mjadi dua macam: pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung.
1.      Pengawasan langsung (direct control), yaitu pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh pihak-pihak yang berwenang.
2.      Pengawasan tidak langsung (indirect control), yaitu pengawasan yang dilakukan secara tidak langsung, dan biasanya dilakukan melalui laporan dari bawahan atau para pelaksana.
Baik pengawasan maupun evaluasi dilaksanakan sebagai upaya untuk melakukan perbaikan atas segala kegiatan atau aktivitas. Pengawasan dimaksudkan untuk mengawasi/mengontrol agar apa yang sedang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rel perencanaan yang sudah ditetapkan. Penyimpangan atau penyelewengan harus dikembalikan pada jalurnya. Sementara itu evaluasi dimaksudkan untuk menilai sampai sejauh mana kegiatan yang telah dilaksanakan mampu mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan. Bila ditemukan adanya kekurangan akan dilakukan perbaikan-perbaikan untuk dijadikan sebagai bahan perencanaan berikutnya.
Hasil pengawasan pelaksanaan pembangunan akan menjadi masukan bagi perencana untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program tertentu maupun untuk melakukan evaluasi akhir. Hasil evaluasi harus memberikan umpan balik kepada perencana apakah program sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan dan masalah-masalah apa yang menjadi hambatan selama program berjalan, Umpan balik merupakan bahan bagi perencana untuk melakukan perencanaan program pembanguann selanjutnya

Tidak ada komentar: