Penjualan memiliki pengaruh yang strategis terhadap perusahaan. Sales
growth menunjukkan perkembangan tingkat penjualan setiap tahun. Kapasitas
operasi perusahaan dapat meningkat apabila pertumbuhan perusahaan juga lebih
ditingkatkan. Sebaliknya bila pertumbuhannya menurun, perusahaan akan
memiliki kendala dalam peningkatan kapasitas operasi perusahaan (Andriyanto,
Hermawan Noor, 2015).
Menurut Andriyanto, Hermawan Noor (2015) perusahaan dengan
penjualan yang cenderung stabil menanggung beban tetap yang lebih tinggi juga
lebih aman dalam memperoleh lebih banyak pinjaman bila dibandingkan dengan
perusahaan yang penjualannya tidak stabil. Pertumbuhan penjualan perusahaan
dapat dilihat melalui peluang bisnis yang ada dipasar.
Total hutang
Debt to asset ratio =
Total aset Menurut Fahmi, I. (2014) “sales growth merupakan rasio antara penjualan
tahun ini dikurangi penjualan tahun sebelumnya kemudian dibagi dengan
penjualan tahun sebelumnya, sales growth mempunyai peran strategis
didalam manajemen modal kerja sebuah perusahaan”.
Menurut Dewinta, Ida Ayu R. dan Setiawan, Putu Ery (2016) sales growth
menunjukkan bahwa semakin besar volume penjualan maka laba yang akan
dihasilkan pun akan meningkat, hal ini diikuti dengan kenaikan beban pajak
perusahaan. Kemungkinan perusahaan dapat lebih meningkatkan kapasitas
operasinya dapat dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan yang juga meningkat,
karena dengan pertumbuhan penjualan yang meningkat, perusahaan akan
memperoleh profit yang meningkat pula. Secara logika, apabila pertumbuhan
penjualan meningkat, perusahaan cenderung akan mendapatkan profit yang besar,
maka dari itu perusahaan akan mengarah pada tindakan penghindaran pajak
karena profit yang besar akan menimbulkan beban pajak yang besar pula
sedangkan perusahaan berkeinginan untuk membayar pajak seminimal mungkin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar