Keunggulan bersaing (kompetitif) merupakan satu kunci sukses bagi
perusahaan atau organisasi yang berada dalam lingkungan yang terus menerus
mengalami perubahan secara cepat dalam kurun waktu yang semakin singkat atau
berada dalam lingkungan persaingan yang ketat. Pada prinsipnya, konsep
keunggulan bersaing yang dikemukakan oleh Porter merupakan esensi dari
strategi bersaing (competitive strategy). Menurut Porter (2008), terdapat tiga
strategi bersaing bagi perusahaan atau organisasi yang bertujuan menciptakan
keunggulan bersaing atau competitive strategy. Ketiga strategi tersebut adalah :
strategi inovasi (the innovation strategy), strategi peningkatan kualitas
produk/jasa (the quality enhancement strategy), dan strategi pengurangan biaya
(cost reduction). Bagi perusahaan atau organisasi agar mampu berhasil dalam
mengimplementasikan strategi bersaing, maka diperlukan kesesuaian antara strategi bersaingnya dengan karakteristik personel ataupun perilaku peran yang
dibutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar