Sabtu, 20 April 2024

Dimensi dan Indikator Persepsi Harga


Adapun indikator-indikator persepsi harga dalam sudut pandang konsumen adalah
sebagai berikut (Kotler dan Amstrong, 2016):

  1. Keterjangkauan harga, sebelum membeli konsumen akan mencari produk yang
    terjangkau, harga yang terjangkau adalah harga yang diharapkan konsumen.
  2. Harga ganjil yang ditetapkan, penetapan harga dengan angka ganjil, dimana biasanya akan
    meningkatkan daya tarik konsumen
  3. Kesesuaian harga dan kualitas produk, merupakan kualitas produk yang diberikan
    sesuai atau tidak dengan harga yang ditawarkan, konsumen tidak
    mempermasalahkan apakah harus membeli dengan harga yang relatif mahal,
    asalkan kualitas produk tersebut baik, namun konsumen lebih menyukai produk
    dengan harga rendah dan kualitas yang bagus.
  4. Kesesuaian harga dengan manfaat, konsumen akan membandingkan manfaat yang
    diberikan oleh produk apakah sesuai dengan harga yang dikeluarkan untuk
    mendapatkan produk tersebut sebanding dengan keuntungan yang diperoleh maka
    konsumen akan menetapkan keputusan pembelian. Ketika konsumen menganggap
    bahwa uang yang dikeluarkan lebih besar daripada manfaat yang diperoleh dari
    suatu produk, mereka akan mengira bahwa produk tersebut mahal, dan konsumen
    akan berpikir dua kali untuk membeli produk tersebut.
  5. Harga sesuai kemampuan atau daya saing harga, sebelum memutuskan pembelian
    konsumen akan membandingkan harga dari setiap pilihan produk yang tersedia dan
    konsumen akan memilih lalu kemudian mempertimbangkan pada saat akan
    membeli produk tersebut apakah harga yang diberikan lebih rendah atau bahkan
    lebih mahal dari harga yang diberikan oleh pesaing.
  6. Periode harga yang ditetapkan, merupakan harga yang ditawarkan kepada
    konsumen dalam bentuk jangka waktu tertentu.

Tidak ada komentar: