Kamis, 01 Desember 2016

Pengertian Metode Scaffolding (skripsi dan tesis)


Scaffolding adalah sebuah teknik untuk mengubah level dukungan. Selama sesi pengajaran, orang yang lebih ahli (guru, atau murid yang lebih mampu) menyesuaikan jumlah bimbingannya dengan level kinerja murid yang telah dicapai. Setelah kompetensi murid meningkat, bimbingan dapat dikurangi. Scaffolding dapat diibaratkan sebagai tiang penopang saat membangun jembatan. Penopang itu membantu saat dibutuhkan, namun disesuaikan dan secara bertahap diambil saat jembatan sudah hampir selesai.
Pressley dkk. (2001) dan Yarrow & Topping (2001) mengemukakan, para peneliti menemukan bahwa ketika Scaffolding dipakai oleh guru dan teman sebaya dalam pembelajaran kolaboratif, murid akan terbantu dalam proses belajarnya.
Sebagaimana dikatakan oleh Santrock bahwa guru perlu mencari situasi untuk menggunakan Scaffolding di kelas. Misalnya, tutoring yang baik adalah menggunakan Scaffolding. Guru atau tutor memberikan dukungan dengan jumlah yang sesuai, jangan melakukan apa yang dapat dilakukan sendiri oleh murid, tetapi tetap memonitor usaha mereka dan memberi mereka dukungan dan bantuan yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar: