Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai keseluruhan daya penggerak di
dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan
kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai
tujuan (Winkel, 1996:92). Seseorang yang memiliki motivasi akan mempunyai
gairah kerja atau semangat selama melakukan aktivitas. Dalam belajar, motivasi
belajar sangat penting untuk dimiliki oleh seorang siswa. Siswa yang
bermotivasi tinggi akan memiliki energi yang banyak untuk melakukan kegiatan
belajar.
Motivasi belajar yang diamati dalam penelitian ini lebih terfokus pada
motivasi ekstrinsik. Motivasi ekstrinsik menurut Sardiman (1986) adalah
motivasi yang berfungsinya karena ada rangsangan dari luar. Dalam penelitian
ini yang merupakan sumber rangsang adalah metode pembelajaran kooperatif model
TPS (Think Pair Share). Diharapkan setelah motivasi ekstrinsik siswa
dapat meningkat motivasi intrinsik siswa juga meningkat, sehingga siswa dapat termotivasi
dalam belajar menurut keinginannya sendiri.
Motivasi untuk belajar merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya
proses belajar. Motivasi tersebut akan mempengaruhi tingkat keterlibatan siswa
dan hasil dalam kegiatan pembelajaran. Adanya motivasi yang baik dalam belajar
akan ditunjukkan oleh hasil yang baik. Pada umumnya adanya motivasi maka
seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan hasil yang baik.
Phil Louther dalam Prayitno (1989:12) menyatakan bahwa ada 5 cara mengajar
agar siswa termotivasi secara intrinsik, yaitu: 1) mengkaitkan tujuan belajar
dengan tujuan siswa; 2) memberi kebebasan kepada siswa untuk memperluas
kegiatan dan materi belajar; 3) memberikan waktu ekstra yang cukup banyak bagi
siswa untuk mengembangkan tugas siswa dan memanfaatkan sumber belajar yang ada
di sekolah; 4) kadangkala memberikan penghargaan atas pekerjaan siswanya; 5)
meminta siswanya untuk menjelaskan atau membacakan tugas yang dibuat.
Menurut Sardiman (1986:85) jenis motivasi dapat dilihat dari berbagai sudut
pandang, yaitu:
1.
motif
bawaan yaitu motif yang dibawa sejak lahir,
jadi motivasi itu ada tanpa dipelajari, misalnya dorongan untuk makan,
minum, bekerja dan beristirahat.
2.
motif
yang dipelajari yaitu motif yang timbul karena dipelajari, misalnya dorongan
untuk mempelajari suatu cabang ilmu pengetahuan, dorongan untuk menjadi seorang
pemimpin dalam masyarakat.
Menurut Susanto (1999:28) motivasi belajar ditandai dengan enam macam
tingkah laku yang dapat diamati dengan indikator sebagai berikut.
1.
Perhatian,
motivasi belajar siswa tinggi jika siswa memusatkan perhatian pada kegiatan
belajar lebih besar daripada tingkah laku yang bukan belajar.
2.
Waktu
belajar, siswa mempunyai motivasi tinggi jika siswa menghabiskan waktu yang
cukup untuk kegiatan belajar.
3.
Usaha,
siswa mempunyai motivasi tinggi jika siswa bekerja secara intensif,
mengeluarkan banyak energi dan kemampuan untuk menyelesaikannya.
4.
Irama
perasaan, siswa mempunyai motivasi tinggi jika siswa merasa gembira, mempunyai
keyakinan diri dan tegar pada situasi belajar yang ada.
5.
Ekstensi,
dalam hal ini motivasi belajar ditandai dengan sesuatu hal yang dilakukan
oleh siswa pada jam-jam bebas pelajaran
adalah kegiatan belajar.
6.
Penampilan,
motivasi belajar ditunjukkan dengan diselesaikannya tugas belajar.
Menurut Dimyati dan Mudjiono (1994) motivasi belajar penting bagi siswa dan
guru. Pentingnya
motivasi belajar bagi siswa adalah sebagai berikut.
1.
Menyadarkan
kedudukannya dalam awal belajar, proses dan akhir belajar.
2.
Menginformasikan
tentang kekuatan usaha belajar bila dibandingkan dengan teman sebaya.
3. Mengarahkan
kegiatan belajar.
4. Membesarkan
semangat belajar.
5.
Menyadarkan
tentang adanya perjalanan belajar.
Situasi kelas yang termotivasi dapat mempengaruhi proses belajar maupun
tingkah laku siswa. Siswa yang termotivasi untuk belajar akan sangat tertarik
dengan berbagai tugas belajar yang sedang siswa kerjakan, menunjukkan ketekunan
yang tinggi, variasi aktivitas belajar siswapun lebih banyak, sehingga
keterlibatan siswa dalam belajar akan lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar