Model tradisional perilaku biaya terkait dengan biaya untuk berbagai
tingkat aktivitas tanpa mempertimbangkan bagaimana intervensi manajerial
memperngaruhi proses sumber daya penyesuaian, namum perilaku biaya
berhubungan dengan keputusan manajer dalam menghadapi ketidakpastian
permintaan dimasa mendatang. Biaya menyeseuaikan dengan perubahan
volume sumber daya yang sudah dipesan manajer, sedangkan manajer perlu
berhati-hati dalam perencanaan pesanan sumber daya, yaitu menunda pesanan
sampai mendapat kepastian permintaan yang turun (Anderson et al, 2003
dalam Hidayatullah et al, 2011).
Menurut Anderson et al (2006) dala Apriliawati dan Nugrahanti (2013)
perilaku sticky cost pada biaya penjualan, administrasi dan umum dapat
diperlajari dengan menghubungkan aktivitas penjualan karena volume
penjualan memiliki pengaruh pada beberapa komponen biaya penjualan,
admnistrasi dan umum. Ketika manajemen memutuskan untuk
mempertahankan utilisasi sebenarnya menunda penyesuaian biaya yang pada
akhirnya membiarkan biaya penjualan, admninistrasi dan umum tetap. Selain
itu, penjualan bersih mempengaruhi biaya penjualan, administrasi dan umum.
Komponen penyusun biaya penjualan, administrasi dan umum antara lain biaya
gaji karyawan kantor, biaya perbaikan dan pemeliharaan aset kantor, dan biaya
penyusutan gedung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar