Secara garis besar, Suryabrata (1989) menyatakan bahwa faktor – faktor yang
mempengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
1. Faktor – faktor yang berasal dari dalam diri pembelajar, yang meliputi: (a)
faktor – faktor fisiologis
(b) faktor – faktor psikologis.
2. Faktor – faktor yang berasal dari luar diri pembelajar, yang meliputi: (a)
faktor – faktor sosial
(b) faktor – faktor non sosial.
Faktor – faktor fisiologis yang mempengaruhi belajar mencakup dua hal,
yaitu:
1. Keadaan jasmani pada umumnya. Keadaan jasmani yang segar akan siap
dan aktif dalam belajarnya, sebaliknya orang yang keadaan jasmaninya
lesu dan lemas akan mengalami kesulitan untuk menyiapkan diri dalam
melakukan aktifitas belajar.
2. Keadaan fungsi – fungsi fisiologis tertentu. Keadaan fungsi – fungsi
fisiologis tertentu, terutama kesehatan pancaindra merupakan alat untuk
belajar. Karenanya, berfungsinya indra dengan baik merupakan syarat
untuk dapatnya belajar itu berlangsung dengan baik. Indra yang terpenting
dalam hal ini adalah mata dan telinga karena kedua indra inilah yang
merupakan pintu gerbang masuknya berbagai informasi yang diperlukan
dalam proses belajar.
Faktor – faktor psikologis yang mempengaruhi belajar antara lain mencakup:
1. Minat, adanya minat terhadap objek yang dipelajari akan mendorong
orang untuk mempelajari sesuatu dan mencapai hasil belajar yang
maksimal. Karena minat merupakan komponen psikis yang berperan
mendorong seseorarng untuk meraih tujuan yang diinginkan, sehingga ia
bersedia melakukan kegiatan berkisar objek yang diminati.
2. Motivasi, motivasi belajar seseorang akan menentukan hasil belajar yang
dicapainya. Bahkan dua orang yang sama, namun memiliki motivasi
belajar yang berbeda. Maslow (dalam Frandsen, 1961) mengemukakan
motif – motif belajar itu ialah:
a. Adanya kebutuhan fisik
b. Adanya kebutuhan akan rasa aman
c. Adanya kebutuhan akan kecintaan dan penerimaan dari orang lain
d. Adanya kebutuhan untuk mendapat kehormatan
e. Adanya kebutuhan untuk aktualisasi diri
3. Intelegensi, merupakan modal utama dalam melakukan aktivitas belajar
dan mencapai hasil belajar yang maksimal. Orang berintelegensi rendah
tidak akan mungkin mencapai hasil belajar yang melebihi orang yang
berintelegensi tinggi.
4. Memori, kemampuan untuk merekam, menyimpan, dan mengungkapkan
kembali apa yang telah dipelajari akan sangat membantu dalam proses
belajar dan mencapai hasil belajar yang baik.
5. Emosi, penelitian tentang otak menunjukkan bahwa emosi yang positif
akan sangat membantu kerja saraf otak untuk “merekatkan” apa yang
dipelajari ke dalam memori (Goleman, 1995; LeDoux, 1993, MacLean,
1990). Karena informasi pelajaran yang dikirim ke pusat memori melalui
amygdala sebagai pusat emosi berjalan tanpa halangan.
Faktor – faktor sosial yang mempengaruhi belajar merupakan faktor manusia
baik manusia itu hadir secara langsung maupun tidak. Faktor ini mencakup:
1. Orang tua, diakui bahwa orang tua, fasilitas belajar yang disediakan,
perhatian, dan motivasi merupakan dukungan belajar yang harus diberikan
orang tua untuk kesuksesan belajar anak.
2. Guru, terutama kompetensi pribadi dan profesional guru sangat berpengaruh
pada proses dan hasil belajar yang dicapai anak didik.
3. Teman – teman atau orang – orang di sekitar lingkungan belajar, kehadiran
orang lain secara langsung maupun tidak langsung dapat berpengaruh buruk
atau baik pada belajar seseorang.
Faktor – faktor non-sosial yang memengaruhi belajar merupakan
faktor – faktor luar yang bukan faktor manusia yang memengaruhi proses dan
hasil belajar, diantaranya:
1. Keadan udara, suhu, dan cuaca. Keadaan udara dan suhu yang terlalu panas
dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman belajar sehingga juga tidak
mencapai hasil belajar yang maksimal.
2. Waktu. Sebagian besar orang lebih mudah memahami pelajaran di pagi hari
dibanding siang dan sore hari.
3. Tempat. Seseorang biasanya sulit belajar ditempat yang ramai dan bising.
4. Alat – alat atau perlengkapan belajar. Dalam pembelajaran tertentu yang
memerlukan alat, belajar tidak akan mencapai hasil yang maksimal jika tanpa
alat tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar