Sabtu, 03 Agustus 2019

Biaya Usaha Tani (skripsi dan tesis)


Dalam usaha tani penggunaan faktor-faktor produksi merupakan biaya usaha tani itu sendiri, yang yang besarnya mempengaruhi pendapatan petani. Biaya dalam usaha tani merupakan jumlah kompenen tetap ( fixed cost ) dan biaya variabel. Biaya tetap ialahh biaya yang relatif tetap jumlahnya, dan arus dikeluarkan walaupun produksi yang diperoleh banyak atau sedikit.  Jadi besarnya biaya tetap tidak tergantung pada besar-kecilnya produksi yang diperoleh.sedangkan biaya variabel merupakan biaya yang besar-kecilnya dipengaruhi oleh produksi yang diperoleh(Soekartawi,2002).                         
Menurut Gilarso (1993) pengertian tentang biaya produksi dapat dibagi dua yaitu biaya implisit dan biaya eksplisit. Biaya implisit ialah biaya yang tidak secara nyata dikeluarkan oleh produsen selama proses produksi berlangsung,misalnya biaya tenaga kerja dalam keluarga. Sedangkan biaya eksplisit merupakan biaya yang secara nyata dikeluarkan oleh produsen selama proses produksi berlangsung,missal biaya pupuk,biaya tenaga kerja luar keluarga dan pestisida. Dikemukakan oleh Gilarso (1993) bahwa jenis-jenis biaya dapat digolongkan sebagai: (i) biaya langsung yaitu biaya secara lagsung dapat dibebankan pada produk itu,missal upah tenaga kerja lurar keluarga. Sedangkan biaya tidak langsung merupakan biaya yang tidak berhubungan dengan proses produksi sebagai keseluruan,misalnya upah tenaga kerja dalam keluarga. (ii) biaya tetap dan biaya variabel, (iii) biaya implisit dan biaya eksplisit.
Menurut Gilarso (1993), dalam proses produksi ada namanya biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh produksi seperti biaya pembelian dan biaya transportasi.
Adapun beberapa konsep biaya dalam ilmu ekonomi yaitu:
  1. biaya total tetap (TFC) ialah jumlah yang tetap dibayar produsen pada beberapa tingkat output
  2. biaya varibel total (TVC) ialah jumlah biaya yang berubah-ubah menurut tinggi rendahnya output yang diproduksi, termasuk biaya untuk bahan mentah dan tenaga kerja
  3. biaya tetap rata-rata (ATC) ialah biaya tetap yang dibebankan pada setiap unit output
  4. biaya variabel rata-rata (AVC) merupakan biaya variabel yang dibebankan pada setiap unit output. Besarnya merupakan pembagian biaya variabel total (AVC) dengan output yang dihasilkan (Q)
  5. biaya total rata-rata (ATC) merupakan biaya untuk tiap unit output. Besarnya merupakan pembagian antara biaya total dengan jumlah output yang dihasilkan
  6. biaya total (TC) adalah biaya dari semua produksi yang digunakan dalam memproduksi output pada tingkat tertentu. Dalam jangka pendek biaya total terdiri dari biaya tetap (TFC) dan total biaya variabel (AVC).
Adapun rumus dari biaya total menurut Soekartawi (2002) adalah sebagai berikut:
TC = TFC + TVC
Keterangan :    TC       = Total Cost
                        TFC     = Total Fixed Cost
                        TVC    = Total Variable Cost
Biaya alat-alat dapat dihitung berdasarkan biaya penyusutan dengan menggunakan metode garis lurus, menurut Hadisapoetra (1973) rumus biaya penyusutan per tahun adalah :
P =
Keterangan :    P          = biaya penyusutan
                        NB      = nilai beli
                        NS       = nilai sekarang
A         = umur ekonomis

Tidak ada komentar: