Tugas
pendahuluan adalah tugas yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tugas
individu. Tugas itu diberikan kepada siswa dalam bentuk soal-soal essay yang
harusdijawabnya, setelah mempelajari materi-materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan berikutnya. Dengan tugas pendahuluan ini diharapkan sebelum
menerima pelajaran dari guru, dalam diri siswa telah terbentuk struktur
kognotif yang diperoleh dari tugas pendahuluan tersebut. Dengan demikian
diharapkan ketika masuk kelas, siswa sudah siap dari rumah tentang
konsep-konsep yang akan diberikan oleh guru. Keadaan ini diharapkan dapat
membantu sisa dalam memahami konsep-konsep IPS Terpadu.
Pemberian
tugas pendahuluan ini sesuai dengan anjuran Ausubel yang mengatakan bahwa yang
paling penting yang mempengaruhi belajar adalah apa yang diketahui oleh siswa (
Dahar, 1989: 117 ). Dengan tugas pendahuluan ini akan terbentuk struktur
kognitif siswa.
Struktur
kognitif inilah yang diharapkan untuk dapat meningkatkan kebermaknaan suatu
pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami pelajaran.Agar terjadi belajar
bermakna maka konsep baru harus dikaitkan dengan konsep yang telah ada dalam
struktur kognitif siswa. Ausubel menerapkan suatu pengatur awal agar terjadi
belajar bermakna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar