Menurut pandangan kita layanan adalah suatu tindakan
sukarela dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan hanya sekedar
membantu.atau adanya permintaan kepada pihak lain untuk memenuhi
kebutuhannya secara sukarela
Pelayanan adalah aspek yang tidak bisa disepelehkan dalam
persaingan bisnis manapun. Karena dengan pelayanan konsumen akan
menilai kemudian menimbang apakah selanjutnya dia akan loyal
kepada pemberi layanan tersebut. Hingga tak jarang para pebisnis
memaksimalkan layanannya untuk menarik konsumen sebesarbesarnya.
Maka dari itu, bila ingin menarik konsumen dengan sebanyakbanyaknya harus mengetahui arti dari layanan itu sendiri. Pengertian
layanan atau pelayanan secara umum, menurut Purwadarminta adalah
meneyediakan segala apa yang dibutuhkan orang lain
Sedangkan menurut Tjiptono definisi layanan adalah kegiatan yang dilakukan
perusahaan kepada pelanggan yang telah membeli produknya. Sedangkan menurut Barata bahwa suatu pelayanan akan
terbentuk karena adanya proses pemberian layanan tertentu dari pihak
penyedia layanan kepada pihak yang dilayani.
Ada beberapa ciri pelayanan yang baik yang dapat
memberikan kepuasan kepada pelanggan :
a. Memiliki karyawan yang profesional khususnya yang
berhadapan langsung dengan pelanggan
b. Tersedianya sarana dan prasaranayang baik yang dapat
menunjang kelancaran produk ke pelenggan secara cepat dan
tepat
c. Tersedianya ragam produk yang diinginkan. Dalam artian
konsumen sekali berhenti dapat membeli beragam produk
dengan kualitas produk dan pelayanan yang mereka inginkan
d. Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan dari awal hingga
selesai
e. Mampu melayani secara cepat dan tepat, tentunya jika
dibandingkan dengan pihak pesaing.
f. Mampu berkomunikasi dengan jelas, menyenangkan dan
mampu menangkap keinginan dan kebutuhan pelanggan.
g. Memberikan jaminan kerahasiaan setiap transaksi, terutama
dalam hal keuangan.
h. Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tentang
produk yang dijual dan pengetahuan umum lainnya
i. Mampu memberikan kepercayaan kepada pelanggan, sehingga
pelanggan merasa yakin dengan apa yang telah dilakukan
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar