Selasa, 13 Agustus 2019

Struktur Modal (skripsi dan tesis)


Saat ini para investor dan kreditur dalam hal melakukan penanaman modal
ke perusahaan, mereka memerlukan gambaran tentang perkembangan finansial suatu perusahaan. Oleh sebab itu diperlukannya analisa atau interpretasi terhadap data finansial dari perusahaan, khususnya terhadap struktur modal yang dimiliki. Struktur modal merupakan struktur keuangan perusahaan dalam memanfaatkan fungsi pembelajaan dan fungsi keuangan. Dalam melakukan fungsi pembelajaan, manajemen perusahaan dihadapkan pada keputusan pendanaan yang merupakan keputusan perusahaan untuk membelanjakan aktivanya yang diperoleh dari sumber dana yang akan digunakan berupa dana internal ataupun dana eksternal.
Keputusan pembelanjaan yang efektif akan tercermin pada biaya dana yang
minimal (Halim, 2007).
Manajer perusahaan dituntut untuk memberikan keputusan pendanaan
yang optimal agar perusahaan dapat meningkatkan laba operasi yang
akan diperoleh. Struktur modal yang tidak optimal akan memberikan dampak
yang buruk terhadap perusahaan tersebut. Salah satunya adalah apabila
perusahaan dalam melakukan fungsi pembelanjaan terlalu banyak menggunakan hutang, maka akan menyebabkan biaya modal yang tinggi bagi perusahaan.
Manajemen perusahaan harus berhati-hati memberikan keputusan
pendanaan agar dapat mengoptimalkan struktur modal perusahaan. Struktur modal yang optimal dapat diukur dengan menggunakan total debt ratio. Total debt ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar total aset yang dimiliki perusahaan dibiayai dengan penggunaan hutang, sehingga dengan rasio ini dapat mengetahui seberapa bagus kondisi suatu perusahaan. Apabila rasio hutang semakin rendah, maka semakin bagus kondisi perusahaan tersebut karena hanya sebagian kecil aset perusahaan yang dibiayai dengan hutang. Informasi mengenai rasio hutang ini akan memberikan manfaat terhadap calon kreditur, sebab calon kreditur bisa mengukur seberapa besar risiko hutang yang diberikan kepada suatu perusahaan.

Tidak ada komentar: