Manajemen
pemasaran merupakan usaha sadar untuk menghasilkan pertukaran yang diinginkan
dalam pasar yang dituju. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, perlu didasari
filosofi yang matang untuk pemasaran yang efektif, efisien, dan bertanggung
jawab.
Terdapat
beberapa pengertian mengenai pemasaran yang dikemukakan oleh pakar pemasaran
dilihat dari sudut tinjauan yang berbeda, diantaranya yaitu :
·
Menurut
Kotler (2007): “ Marketing
is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what
they need and want through creating, offering and exchanging products of value
with others.”
·
Ahli
pemasaran Schoell dan Guiltinan (1995) mendefinisikan pemasaran adalah : “Marketing is the process of planning and
executing the conception, pricing, promotion and sevices to create exchanges
that satisfy individual and organizational objectives”
Menurut
Kotler (2007) konsep pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan
pemasarannya ada 6 :
1.
Konsep
berwawasan produksi
Konsep ini
berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah
harganya.
2.
Konsep
berwawasan produk
Konsep ini
berpendapat bahwa produk yang bermutu, kinerja dan hal-hal inovatif lainnya
yang akan dipilih oleh konsumen.
3.
Konsep
berwawasan penjualan
Konsep ini
berpendapat bahwa konsumen enggan untuk membeli dan harus didorong supaya
membeli, terkecuali perusahaan yang menjalankan suatu usaha promosi dan
penjualan efektif untuk merangsang pembelian
4.
Konsep
berwawasan pemasaran
Konsep ini
berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan terdiri dari penentu
kebutuhan dan keinginan pasar serta memberukan kepuasan yang diinginkan secara
lebih efektid dan efisien, dibandingkan kompetitor. Konsep ini bersandar pada
empat pilar utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran yang
terkoordinir serta keuntungan.
5.
Konsep
berwawasan konsumen
Konsep ini
beranggapan bahwa untuk meningkatkan penjualan maka perusahaan harus berfokus
pada kebutuhan dan keinginan konsumen serta dapat menaikkan loyalitas konsumen
6.
Konsep
berwawasan pemasaran bermasyarakat
Konsep ini
beranggapan bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan serta
kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif serta lebih
efisien dibandingan dengan kompetitor dengan cara mempertahankan dan
meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar