Penilaian prestasi kerja karyawan bertujuan dan berguna untuk perusahaan
serta bermanfaat bagi karyawan.
Menurut Dessler (2003:241) tujuan penilaian prestasi kerja adalah sebagai
berikut:
1. Penilaian prestasi menyediakan informasi tentang keputusan promosi dan gaji
yang dapat digunakan. Pada tingkat unit organisasi dapat menentukan
kontribusi suatu unit atau divisi dalam perusahaan terhadap organisasi
perusahaan secara keseluruhan dan dalam tingkat karyawan dapat
membedakan tingkat prestasi kerja setiap karyawan.
2. Penilaian prestasi kerja memberikan kesempatan untuk mengkaji ulang
pekerjaan karyawan yang berhubungan dengan perilaku. Dimana setiap
karyawan ingin memiliki peluang untuk mengembangkan kemampuan
kerjanya sampai tingkat maksimal, dan mengembangkan sebuah rencana
untuk memperbaiki kekurangan yang mungkin didapati dari penilaian.
3. Bagian dari proses perencanaan karir di perusahaan, karena penilaian
memberikan sebuah kesempatan baik untuk mengkaji ulang rencana karir
seseorang dalam posisinya sesuai dengan kekuatan dan kelemahan. Dimana
setiap orang ingin mengetahui secara pasti tangga karir yang dinaikinya
apabila dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
4. Penilaian dapat membantu karyawan dengan baik untuk mengatur dan
meningkatkan prestasi perusahaan. Dimana setiap karyawan ingin mendapatkan perlakuan yang objektif dan penilaian dasar prestasi kerjanya
dengan bersedia menerima tanggung jawab yang lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar