Manajemen merupakan ilmu sekaligus seni dalam mengatur proses
pemanfatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif
dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan adanya manajemen
diharapkan daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat
ditingkatkan. Berikut ini dikemukakan mengenai pendapat beberapa ahli tentang
pengertian manajemen :
Terry (2005:3) memberikan definisi sebagai berikut:
“Management is a distinct process consisting of planning, organizing,
actuating, and controlling, performed to determine and accomplish stated
objective by use of human being and other resources”. Stoner dalam Handoko (2009:3), menyatakan :
“Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi dan penggunaan
sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang
ditetapkan”.
Stoner dalam Manulang (2007:5) mendefinisikan manajemen adalah :
“Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan
usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber
daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan”.
Menurut Stoner dalam Manulang (2007:5) proses tersebut terdiri dari
kegiatan-kegiatan manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengawasan. Proses tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Perencanaan berarti bahwa para manajer memikirkan kegiatankegiatan mereka sebelum dilaksanakan.
2. Pengorganisasian berarti bahwa para manajer mengkoordinasikan
sumber daya-sumber daya manusia dan material organisasi.
3. Pengarahan yaitu para manajer mengarahkan, memimpin dan
mempengaruhi para bawahan.
4. Pengawasan berarti para manajer berupaya untuk menjamin bahwa
organisasi bergerak ke arah tujuan-tujuannya, apabila ada kegiatan
yang tidak sesuai dengan jalur yang benar maka para manajer harus
membetulkannya.
Alasan utama manejemen sangat dibutuhkan menurut Terry dalam dalam
Manulang (2007:5) antara lain sebagai berikut:
1. Untuk mencapai tujuan, manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan
15
organisasi dan tujuan pribadi.
2. Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling
bertentangan, manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan
antara tujuan-tujuan, sasara-sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling
bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi,
seperti pemilik dan karyawan, kreditur, konsumen, pemasok, serikat
pekerjaan, masyarakat dan pemerintah.
3. Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Suatu pekerjaan sebuah
organisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda. Salah satu
cara umum adalah dengan mengukur efisiensi dan efektifitas.
Berdasarkan definisi di atas, manajemen merupakan kegiatan untuk
mengatur suatu perencanaan supaya tujuan organisasi tercapai dengan baik.
Kegiatan manajemen, terdiri dari adanya proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, pengendalian, penempatan, dan motivasi, sehingga tercipta
koordinasi yang baik sesama anggota yang melaksanakan organisasi tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar