Kepuasan kerja merupakan seperangkat perasaan pegawai
tentang menyenangkan atau tidak pekerjaan mereka, atau suatu perasaan
pegawai atau tidak senang yang relatif berbeda dari pemikiran obyektif
dan niat perilaku. Menurut Rivai (2004) kepuasan kerja adalah suatu sikap
umum terhadap pekerjaan seseorang; sebagai perbedaan antara banyaknya
ganjaran yang diterima pekerja dan banyaknya yang diyakini yang
seharusnya diterima. Kepuasan kerja menyangkut seberapa jauh karyawan
merasakan kesesuaian antara seberapa besar penghargaan yang diterima
dan pekerjaannya dengan ekspektasinya mengenai seberapa besar yang
seharusnya diterima. Faktor lain misalnya kondisi pasar tenaga kerja,
pengeluaran mengenai kesempatan kerja altenatif dan panjangnya masa
kerja, dalam organisasi itu sebenarnya merupakan kendala yang penting
dalam keputusan untuk meninggalkan pekerjaan. Sesuai penelitian yang
dilakukan oleh Cahyono (2005), Narimawati (2006), Rachmayani dan
Suyono (2007), Rohman (2009), Triyanto (2009), Wulandari (2010) dan
Rahayu (2011).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar