Kebijakan penjualan kredit merupakan pedoman yang ditempuh oleh
perusahaan dalam menentukan apakah seseorang pelanggan akan diberikan kredit
dan jika diberikan berapa banyak atau berapa jumlah kredit yang akan diberikan.
Ada beberapa unsur yang terkandung dalam penjualan kredit sebagaimana yang
dijelaskan oleh Kasmir (2008), yaitu :
1. Kepercayaan
Yaitu keyakinan dari si pemberi kredit bahwa prestasi yang diberikannya
dalam bentuk uang, barang, atau jasa akan benar-benar diterimanya
kembali dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.
2. Waktu
Yaitu suatu masa yang akan memisahkan antar pemberian prestasi dengan
kontraprestasi yang akan diterima pada masa yang akan datang.
3. Degree of Risk
Yaitu tingkat risiko akibat dari adanya jangka waktu yang memisahkan
antara pemberian prestasi dengan kontraprestasi pada masa yang akan
datang.
4. Prestasi
Yaitu objek kredit yang tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dalam
bentuk barang dan jasa. Perusahaan-perusahaan yang tidak hanya mementingkan penentuan
standar kredit yang akan diberikan tetapi juga penerapan standar kredit tersebut
secara tepat dalam membuat keputusan-keputusan kredit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar