Siswa yang berprestasi tinggi mempunyai hubungan erat dengan kegiatan
belajar, banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar baik yang berasal dari
dalam individu itu sendiri maupun faktor yang berasal dari luar individu. Menurut
Purwanto (2010), faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam berprestasi adalah :
a) Faktor dari dalam diri individu yang terdiri dari faktor fisiologis dan
psikologis. Faktor fisiologis adalah kondisi jasmani dan kondisi panca indera.
Sedangkan faktor psikologis yaitu bakat, minat, kecerdasan, motivasi berprestasi dan
kemampuan kognitif.
b) Faktor dari luar individu Terdiri dari faktor lingkungan dan faktor
instrumental. Faktor lingkungan yaitu lingkungan sosial dan lingkungan alam.
Sedangkan faktor instrumental yaitu kurikulum, bahan, guru, sarana, administrasi,
dan manajemen.
Sejalan dengan pendapat tersebut, Muhibbin Syah (2013) membagi faktorfaktor yang mempengaruhi hasil belajar menjadi 3 macam, yaitu :
1) faktor internal, faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang
meliputi 2 aspek yakni:
a. Aspek fisiologis
Kondisi umum jasmani dan tonus (tegangan otot) yang menandai tingkat
kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-sendinya. Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan belajar
individu.
b. Aspek psikologis
Banyak faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat mempengaruhi
kwantitas dan kwalitas perolehan pembelajaran siswa. Namun diantara faktor-faktor
rohaniah siswa yang pada umumnya lebih essential itu adalah sebagai berikut: yang
pertama adalah tingkat kecerdasan/inteligensi siswa merupakan faktor yang paling
penting dalam proses belajar siswa karena itu menentukan kualitas belajar siswa,
kedua adalah sikap siswa, yang ketiga adalah bakat siswa, keempat minat siswa dan
yang terakhir motivasi siswa
2) faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan disekitar
siswa. Dalam hal ini faktor-faktor yang memengaruhi belajar dapat digolongkan
menjadi dua golongan yaitu faktor lingkungan non-sosial dan lingkungan sosial yang
meliputi lingkungan sekolah, lingkungan sosial masyarakat dan lingkungan sosial
keluarga.
3) faktor pendekatan belajar yang merupakan jenis upaya belajar siswa yang
meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan
mempelajari materi-materi pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar