Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya investasi dalam piutang
menurut Indrajit (2011) adalah :
1. Persentase Penjualan Kredit
Semakin besar penjualan kredit maka semakin besar pula piutang yang
akan diperoleh. Ketika perusahaan mengalami pertumbuhan penjualan
maka tingkat investasi dalam piutang juga akan naik.
2. Ketentuan Penjualan
Ketentuan penjualan mengidentifikasi kemungkinan diskon untuk
pembayaran yang lebih awal, periode diskon, dan periode kredit total.
Pada umumnya ketentuan penjualan dinyatakan dalam bentuk a/b, net c ,
yang menunjukkan bahwa pelanggan dapat mengurangi a persen apabila
tagihan itu dibayar dalam b hari, bila tidak maka harus dibayar dalam c
hari.
3. Tipe Pelanggan
Penentuan tipe pelanggan merupakan variable yang menentukan dalam
melihat kualifikasi pelanggan dalam mendapatkan kredit. Ketika
perusahaan menerima pelanggan yang kurang layak, kredit akan
mengakibatkan biaya gagal bayar.
4. Usaha Penagihan
Kunci mempertahankan control atas penagihan piutang adalah fakta bahwa
probabilitas gagal bayar meningkat seiring dengan umur tagihan. Kontrol
atas piutang terfokus pada control dan eliminasi piutang yang sudah lewat jatuh tempo. Kekuatan dan ketepatan waktu penagihan akan
mempengaruhi periode tagihan yang sudah jatuh tempo tetapi masih lalai
membayar. Sudah menjadi suatu kedzaliman di dalam dunia usaha bahwa
untuk memperlancar operasi dan perkembangan perusahaan dilakukan
transaksi penjualan secara kredit sehingga pemberian piutang adalah juga
demi memenuhi keinginan para pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar