Faktor-faktor yang mempengaruhi harapan pelanggan yang
dikemukakan oleh Nasution (2010) adalah sebagai berikut:
1) Kebutuhan dan keinginan: berkaitan dengan hal-hal yang dirasakan
pelanggan ketika sedang melakukan traksaksi dengan penyedia
layanan jasa. Jika kebutuhan dan keinginan pelanggan besar, maka
harapan pelanggan akan tinggi.
2) Pengalaman masa lalu: pengalaman yang dirasakan pelanggan
ketika memanfaatkan layanan jasa di masa lalu.
3) Pengalaman dari teman: teman dan relasi sering kali menceritakan
kualitas layanan jasa tertentu, yang akan mempengaruhi persepsi
pelanggan terhadap layanan jasa tersebut.
4) Komunikasi melalui iklan dan pemasaran: iklan dan pemasaran
yang dilakukan oleh penyedia layanan jasa diharapkan tidak terlalu
berlebihan sehingga tidak menumbuhkan ekspektasi yang
berlebihan dari pelanggan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yang
dikemukakan oleh Tjiptono (2001) adalah:
1) Kinerja (performance) karakteristik operasi pokok dari produk inti
(core product) yang dibeli.
2) Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (features), yaitu karakteristik
sekunder atau pelengkap.
27
3) Kehandalan (reliability), yaitu kemungkinan kecil akan mengalami
kerusakan atau gagal digunakan.
4) Kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specifications),
yaitu sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi
standar-standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
5) Daya tahan (durability), berkaitan dengan berapa lama produk
tersebut dapat terus digunakan.
6) Serviceability, meliputi kecepatan, kompetensi, kenyamanan,
mudah direparasi serta penanganan keluhan yang memuaskan.
7) Estetika, yaitu daya tarik produk terhadap panca indera.
8) Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality), yaitu citra dan
reputasi produk serta tanggung jawab perusahaan terhadapnya.
Lupiyoadi (2001) menyatakan bahwa terdapat lima faktor
penting dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan yaitu kualitas
produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan biaya.
1) Kualitas produk
Faktor kualitas produk sangat penting dalam sektor jasa.
Konsumen akan merasa senang apabila hasil evaluasi yang mereka
lakukan menunjukkan bahwa produk yang mereka konsumsi
berkualitas. Produk yang ditawarkan perusahaan dapat berupa
barang maupun jasa.
28
2) Kualitas pelayanan
Terutama untuk industri jasa, pelanggan akan merasa puas bila
mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan
yang diharapkan.
3) Emosional
Pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa
orang lain akan merasa kagum terhadapnya bila menggunakan
produk dengan merek tertentu. Kepuasan yang muncul bukan
akibat dari kualitas produk, tetapi dari nilai sosial atau self-esteem
yang membuat pelanggan menjadi puas terhadap merek tertentu.
4) Harga
Produk dengan kualitas sama tetapi mempunyai harga yang relatif
lebih murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada
konsumen. Tingkat harga yang ditetapkan perusahaan akan sangat
menentukan tingkat kepuasan pelanggan.
5) Biaya
Pelanggan yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau
tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk
atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa itu.
Berdasarkan berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas
produk atau kinerja jasa, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan
biaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar