Menurut Basu Swastha (2015:129) faktor-faktor yang mempengaruhi
kegiatan penjualan yaitu“Faktor yang mempengaruhi penjualan antara lain kondisi dan
kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, kondisi organisasi
perusahaan, dan faktor lain.”
Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan:
a. Kondisi dan Kemampuan Penjual
Transaksi jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial
atas barang dan jasa itu pada prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu
penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua.
Disini penjual harus dapat meyakinkan kepada pembelinya, agar
dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan, untuk
maksud tersebut harus memahami beberapa masalah penting yang
sangat berkaitan, yakni: Jenis dan karakteristik yang ditawarkan,
Harga produk, Syarat penjualan seperti pembayaran, penghantaran,
pelayanan purma jual, garansi dan sebagainya.
b. Kondisi Pasar
Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran
dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya.
Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan adalah:
1. Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar industri, pasar
penjual, pasar pemerintah atau pasar internasional.
2. Kelompok pembeli atau segmen pasar.
3. Daya beli.
4. Frekuensi pembelinya.
5. Keinginan dan kebutuhannya.
38
c. Modal
Untuk memperkenalkan barangnya kepada pembeli atau
konsumen diperlukan adanya usaha promosi, alat transportasi,
tempat peragaan baik dalam perusahaan maupun diluar perusahaan
dan sebagainya. Semua ini hanya dapat dilakukan apabila penjual
memiliki sejumlah modal yang diperlukan untuk itu.
d. Kondisi organisasi perusahaan
Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ini ditangani
oleh bagian tersendiri (bagian penjualan) yang dipegang oleh orangorang tertentu atau ahli di bidang penjualan. Lain halnya dengan
perusahaan kecil, dimana masalah penjualan ditangani oleh orang
yang juga melakukan fungsi-fungsi lain. Hal ini disebabkan karena
jumlah tenaga kerjanya sedikit, sistem organisasinya lebih
sederhana, masalah-masalah yang dihadapi, serta sarana yang
dimilikinya tidak sekomplek perusahaan-perusahaan besar.
Biasanya, masalah penjualan ini ditangani sendiri oleh pimpinan dan
tidak diberikan kepada orang lain.
e. Faktor Lain
Faktor-faktor lain seperti periklanan, peragaan, kampanye,
pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan. Ada pengusaha
yang berpegang pada satu prinsip bahwa paling penting membuat
barang yang baik. Bilamana prinsip tersebut dilaksanakan maka
39
diharapkan pembeli akan membeli lagi barang yang sama. Oleh
karena itu perusahaan melakukan upaya agar para pembeli tertarik
pada produknya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar