Harga pokok produksi atau product cost merupakan elemen penting untuk
menilai keberhasilan (performance) dari perusahaan dagang maupun manufaktur.
Harga pokok produksi mempunyai kaitan erat dengan indikator-indikator tentang
sukses perusahaan. Harga pokok produksi pada dasarnya menunjukkan harga pokok produk (barang dan jasa) yang diproduksi dalam suatu periode akuntansi
tertentu. Hal ini berarti bahwa harga pokok produksi merupakan bagian dari harga
pokok, yaitu harga pokok dari produk yang terjual dalam satu periode akuntansi.
Untuk lebih jelas berikut ini akan dijelaskan definisi Harga Pokok Produksi yang
dikemukakan oleh beberapa para ahli
Menurut Raiborn dan Kinney (2011:56), Harga Pokok Produksi adalah
“total produksi biaya barang-barang yang telah selesai dikerjakan dan di transfer
ke dalam persediaan barang jadi selama sebuah periode.
Dunia dan Abdullah (2012:42) menyatakan “Harga pokok produksi adalah
biaya yang terjadi sehubungan dengan produksi, yaitu jumlah biaya bahan
langsung dan tenaga kerja langsung”.
Mulyadi (2010:14), mengungkapkan harga pokok produksi dalam
pembuatan produk terdapat dua kelompok biaya yaitu biaya produksi dan
biaya nonproduksi. Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang
dikeluarkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk, sedangkan
biaya nonproduksi merupakan biaya biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan
nonproduksi, seperti kegiatan pemasaran dan kegiatan administrasi umum.
Biaya produksi membentuk harga pokok produksi, yang digunakan untuk
menghitung harga pokok produk yang pada akhir periode akuntansi masih
dalam proses. Biaya nonproduksi ditambahkan pada harga pokok produksi
untuk menghitung total harga pokok produk.
Berdasarkan definisi para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa harga
pokok produksi adalah semua biaya, baik langsung maupun tidak langsung yang
dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang selama periode tertentu dimana
biaya-biaya tersebut terdiri dari total biaya bahan langsung, biaya tenaga kerja
langsung, dan biaya overhead pabrik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar