Kamis, 28 Mei 2020

Dampak Positif Pemasaran melalui Media Sosial (skripsi dan tesis)

Menurut Demers et al. (2014), terdapat 10 keuntungan Social Media marketing dalam bisnis, yaitu:
 1. Increased brand awareness 
Social Media Marketing mempermudah bisnis dalam bebagai skala untuk memperlihatkan konten dan meningkatkan visibilitasnya, hal ini sangat penting karena dengan ini menampilkan brand itu jauh lebih mudah, dengan akses yang gampang bagi pelanggan baru atau lama dengan sengaja atau tidak sengaja.
 2. Improve Brand Loyalty 
Menurut sebuah laporan dari Texas Tech University, brand yang menggunakan media sosial akan mendapatkan brand loyalty lebih tinggi mengambil keuntungan dari media sosial jika itu berkaitan dengan Amerika yang mengikuti sebuah Brand akan lebih loyal terhadap Brand tersebut.
 3. More opportunities to convert 
Media sosial memungkinkan sebuah bisnis untuk mendapatkan konsumen, baik itu konsumen yang sudah ada atau konsumen baru. Melalui unggahan dalam media sosial, sebuah brand dapat berinteraksi dengan konsumen-konsumen yang dimaksud di atas. Interaksi ini kemudian dapat berujung pada site visit ataupun pertukaran.
 4. Higher conversion rates 
Pemasaran media resmi menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dalam beberapa cara berbeda. Mungkin yang paling penting adalah unsur kemanusiaannya; fakta bahwa merek menjadi lebih manusiawi dengan berinteraksi di saluran media sosial. Media sosial adalah tempat di mana merek dapat bertindak seperti orang lain, dan ini penting karena orang suka berbisnis dengan orang lain; tidak dengan perusahaan. 
 5. Higher Brand Authority
 Adanya media sosial memungkinkan sebuah brand untuk meningkatkan nilainya di mata masyarakat. Hal ini dapat tercapai melalui interaksi yang diciptakan brand dengan konsumen. Semakin tinggi interaksi brand maka konsumen akan cenderung membicarakan brand tersebut secara positif, sehingga brand tersebut semakin dipercaya oleh konsumen baru. 
6. Increased Inbound Traffic 
Media sosial memperluas cakupan traffic atau konsumen produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand. Beragamnya media sosial yang dimiliki oleh sebuah brand sama artinya dengan beragamnya jalan yang dapat membimbing konsumen ke brand tersebut atau dengan kata lain berarti kesempatan untuk konsumen baru. 
7. Decreased Marketing Costs 
Menurut salah satu penyedia jasa platform perangkat lunak pemasaran untuk pemasaran media sosial 6 jam setiap minggu sudah cukup untuk meningkatkan traffic brand, 6 jam bukanlah investasi yang besar untuk hasil yang didapatkan, tarif yang ditentukan untuk pasang iklan di media sosial pun relatif lebih murah (dapat diatur). 
8. Better Search Engine Rankings 
Keberadaan dan aktifnya sebuah brand di media sosial dapat menunjukkan bahwa brand yang bersangkutan merupakan bran yang sah, kredibel, dan dapat dipercaya. 
9. Richer Customer Experiences 
Media sosial memungkinkan adanya interaksi 2 arah, yaitu salah satunya dari konsumen ke brand. Kesempatan ini merupakan sarana bagi brand untuk mendapatkan insight, seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Hal ini dapat terjadi dengan cara brand memantau suara konsumen yang tertuang dalam kolom komentar. Contoh lainnya adalah brand dapat mengetahui topik seperti apa yang diminati oleh konsumen dan kemudian menyesuaikan konten dengan topik tersebut.
 10. Improve Customer Insights
 Kehadiran sebuah brand dalam media sosial memungkinkan brand tersebut untuk menyuguhkan customer service yang mengesankan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan interaksi serta hubungan dengan konsumen secara publik. Pelayanan yang baik dapat ditunjukkan kepada publik dan publik pun mendapatkan kesan bahwa brand tersebut dapat diandalkan. Hal tersebut juga dapat menimbulkan kesan baik tersendiri bagi konsumen yang bersangkutan

Tidak ada komentar: