Rabu, 29 April 2020

Penyusunan Jaringan Kerja CPM (skripsi dan tesis)

 Untuk membuat jaringan kerja, harus diketahui dahulu semua kegiatan yang terjadi pada suatu proyek, waktu (durasi) setiap kegiatan, dan ketergantungan antar kegiatan (kegiatan pendahulu/predecessors dan kegiatan pengikut/successors). Urutan-urutan logis seluruh proyek harus diketahui secara baik. Setiap kegiatan harus diketahui kegiatan pendahulu serta kegiatan pengikutnya. Dengan demikian, jaringan kerja dapat terbentuk sejak awal proyek sampai dengan akhir proyek. Untuk dapat menjadwal dengan metode CPM, ada beberapa hal ynag perlu diketahui, yaitu elemen-elemen CPM. 
a. Anak panah (arrow), kegiatan (activity), job
 • Anak panah menunjukkan hubungan antara kegiatan, dan juga dicantumkan durasi. • Sebuah anak panah mewakili satu kegiatan.
 • Awal busur panah dinyatakan sebagai permulaan kegiatan dan mata panah sebagai akhir kegiatan. • Terdapat tiga jenis anak panah :
 Anak panah biasa menunjukkan suatu kegiatan yang dapat dikerjakan secara normal
 Anak panah tebal menunjukkan suatu kegiatan yang harus menjadi perhatian (kritis
) Anak panah putus-putus menunjukkan kegiatan dummy
 b. Lingkaran kecil (node), kegiatan/peristiwa, event Node pada CPM terbagi menjadi tiga bagian yang terdiri dari nomor node, EET (Earliest LET Event Time), dan LET (Latest Event Time) 

Tidak ada komentar: