Metode penyuluhan merupakan salah satu faktor
tercapainya hasil penyuluhan yang optimal.
Metode penyuluhan pada garis besarnya ada 2 jenis :
a. Metode Didaktik ( One Way Metode)
Pendidik berperan aktif sedangkan sasaran tidak diberikan
kesempatan aktif. Yang termasuk metode ini adalah :
1. Metode ceramah.
Ceramah adalah pidato yang disampaikan oleh seorang
pembicara di depan sekelompok pengunjung atau
pendengar disertai dengan tanya jawab, diskusi dengan
beberapa alat peraga yang dianggap perlu. Metode ceramah
dapat dilakukan dengan atau tanpa alat bantu. Beberapa alat
bantu yang seing digunakan adalah poster, power point,
boneka karakter dan buku cerita bergambar. Keuntungan
metode ini adalah tidak memerlukan alat bantu yang
banyak, murah dan mudah menggunakannya, serta waktu
yang diperlukan dapat dikendalikan oleh penyuluh.
Kekurangan metode ini adalah menimbulkan kebiasaan
kurang aktif dari sasaran, sering menimbulkan salah paham
dalam mengartikan materi penyuluhan yang diberikan
karena tidak semua sasaran punya daya tangkap yang sama.
2. Siaran melalui Radio
3. Pemutaran film/ slide
4. Penyebaran selebaran
5. Pameran
6. Leaflet
Leaflet adalah bentuk penyampaian informasi atau pesan –
pesan kesehatan melalui lembaran yang dilipat, isi
informasi dapat dalam bentuk kalimat maupun gambar, atau
kombinasi.
7. Lembar Balik (Flip Chart)
Flip chart adalah beberapa chart yang telah disusun
berurutan dan berisi tulisan dengan gambar – gambar yang
telah disatukan dengan ikatan atau ring spiral pada bagian
pinggir sisi atas. Jumlah chart lebih dari 12 lembar,
berukuran poster lebih besar atau kecil, dan biasanya
memakai kertas tebal
b. Metode Sokratik ( Two Way Metode)
Metode ini mempunyai komunikasi dua arah antara pendidik
dan sasaran.
Yang termasuk metode ini adalah :
1. Metode demonstrasi
Demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan
meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu
proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari
disertai dengan penjelasan lisan.
Demonstrasi adalah suatu cara penyajian pengertian, atau
ide yang dipersiapkan dengan teliti untuk memperlihatkan
cara melaksanakan suatu tindakan dengan menggunakan
suatu prosedur.
Demonstrasi dapat dilakukan secara langsung atau
menggunakan media, seperti radio dan film.
Metode demonstrasi digunakan jika memerlukan contoh
prosedur atau tugas dengan benar, bila tersedia alat- alat
peraga, bila tersedia tenaga pengajar yang terampil,
membandingkan sesuatu cara dengan cara yang lain, untuk
mengetahui serta melihat kebenaran sesuatu dan proses
mengerjakan atau menggunakan sesuatu. Keunggulan metode demonstrasi adalah dapat membuat
proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan lebih konkret,
menghindari verbalisme, lebih mudah memahami sesuatu,
lebih menarik, peserta dirangsang untuk mengamati,
menyesuaikan teori dengan kenyataan.
2. Simulasi
Penyuluh dapat melakukan suatu kegiatan belajar mengajar
yang berorientasi pada penghayatan keterampilan
aktualisasi dan praktik.
Metode ini bertujuan agar seseorang dapat bertingkah laku
seperti orang lain, dengan tujuan orang tersebut dapat
mempelajari lebih mendalam tentang bagaimana orang itu
merasa berbuat sesuatu.
3. Permainan Peran (Role Playing)
Sasaran harus memerankan satu atau beberapa peran
tertentu. Keuntungan dari metode ini adalah sebagian besar
peserta dapat ikut aktif mengamati, menaglami, dan
menghayati perilaku tertentu sehingga materi penyuluhan
dapat lebih mudah dipahami dan dimengerti. Kerugian dari
metode ini adalah terkadang peserta kurang mampu
membawakan peran dengan semestinya.
4. Tanya Jawab
Metode ini adalah proses interaksi belajar yang berisi
pertanyaan yang diajukan dan jawaban dari topik belajar
tertentu. Keuntungan dari metode ini adalah semua pihak
yang terlibat mempunyai kesempatan untuk
mengemukakan pendapat. Kerugian dari metode ini adalah
terjadi perbedaan pendapat yang berlarut- larut sehingga
akan memakan banyak waktu (Herijulianti dkk, 2002)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar