Sabtu, 18 April 2020

Metode Penyuluhan (skripsi dan tesis)

 Metode penyuluhan merupakan salah satu faktor tercapainya hasil penyuluhan yang optimal. Metode penyuluhan pada garis besarnya ada 2 jenis : 
a. Metode Didaktik ( One Way Metode) Pendidik berperan aktif sedangkan sasaran tidak diberikan kesempatan aktif. Yang termasuk metode ini adalah :
 1. Metode ceramah. 
Ceramah adalah pidato yang disampaikan oleh seorang pembicara di depan sekelompok pengunjung atau pendengar disertai dengan tanya jawab, diskusi dengan beberapa alat peraga yang dianggap perlu. Metode ceramah dapat dilakukan dengan atau tanpa alat bantu. Beberapa alat bantu yang seing digunakan adalah poster, power point, boneka karakter dan buku cerita bergambar. Keuntungan metode ini adalah tidak memerlukan alat bantu yang banyak, murah dan mudah menggunakannya, serta waktu yang diperlukan dapat dikendalikan oleh penyuluh. Kekurangan metode ini adalah menimbulkan kebiasaan kurang aktif dari sasaran, sering menimbulkan salah paham dalam mengartikan materi penyuluhan yang diberikan karena tidak semua sasaran punya daya tangkap yang sama. 
2. Siaran melalui Radio
 3. Pemutaran film/ slide 
4. Penyebaran selebaran
 5. Pameran
 6. Leaflet 
Leaflet adalah bentuk penyampaian informasi atau pesan – pesan kesehatan melalui lembaran yang dilipat, isi informasi dapat dalam bentuk kalimat maupun gambar, atau kombinasi. 7. Lembar Balik (Flip Chart) Flip chart adalah beberapa chart yang telah disusun berurutan dan berisi tulisan dengan gambar – gambar yang telah disatukan dengan ikatan atau ring spiral pada bagian pinggir sisi atas. Jumlah chart lebih dari 12 lembar, berukuran poster lebih besar atau kecil, dan biasanya memakai kertas tebal 
b. Metode Sokratik ( Two Way Metode) 
Metode ini mempunyai komunikasi dua arah antara pendidik dan sasaran. Yang termasuk metode ini adalah : 
1. Metode demonstrasi 
Demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari disertai dengan penjelasan lisan. Demonstrasi adalah suatu cara penyajian pengertian, atau ide yang dipersiapkan dengan teliti untuk memperlihatkan cara melaksanakan suatu tindakan dengan menggunakan suatu prosedur. Demonstrasi dapat dilakukan secara langsung atau menggunakan media, seperti radio dan film. Metode demonstrasi digunakan jika memerlukan contoh prosedur atau tugas dengan benar, bila tersedia alat- alat peraga, bila tersedia tenaga pengajar yang terampil, membandingkan sesuatu cara dengan cara yang lain, untuk mengetahui serta melihat kebenaran sesuatu dan proses mengerjakan atau menggunakan sesuatu.  Keunggulan metode demonstrasi adalah dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan lebih konkret, menghindari verbalisme, lebih mudah memahami sesuatu, lebih menarik, peserta dirangsang untuk mengamati, menyesuaikan teori dengan kenyataan.
2. Simulasi 
Penyuluh dapat melakukan suatu kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada penghayatan keterampilan aktualisasi dan praktik. Metode ini bertujuan agar seseorang dapat bertingkah laku seperti orang lain, dengan tujuan orang tersebut dapat mempelajari lebih mendalam tentang bagaimana orang itu merasa berbuat sesuatu. 
3. Permainan Peran (Role Playing) 
Sasaran harus memerankan satu atau beberapa peran tertentu. Keuntungan dari metode ini adalah sebagian besar peserta dapat ikut aktif mengamati, menaglami, dan menghayati perilaku tertentu sehingga materi penyuluhan dapat lebih mudah dipahami dan dimengerti. Kerugian dari metode ini adalah terkadang peserta kurang mampu membawakan peran dengan semestinya.
 4. Tanya Jawab 
Metode ini adalah proses interaksi belajar yang berisi pertanyaan yang diajukan dan jawaban dari topik belajar tertentu. Keuntungan dari metode ini adalah semua pihak yang terlibat mempunyai kesempatan untuk mengemukakan pendapat. Kerugian dari metode ini adalah terjadi perbedaan pendapat yang berlarut- larut sehingga akan memakan banyak waktu (Herijulianti dkk, 2002)

Tidak ada komentar: