Menurut Van deb Ban dan Hawkins yang dikutip oleh
Lucie (2005), pilihan seorang agen edukasi terhadap suatu
metode atau teknik edukasi sangat tergantung kepada tujuan
10
khusus yang ingin dicapai. Berdasarkan pendekatan sasaran yang
ingin dicapai, penggolongan metode edukasi menurut Lucie
(2005) ada tiga, yaitu:
(1) Metode Berdasarkan Pendekatan Perorangan
Edukator berhubungan secara langsung maupun tidak
langsung dengan sasarannya secara perorangan. Metode ini
sangat efektif karena sasaran dapat secara langsung
memecahkan masalahnya dengan bimbingan khusus dari
edukator.
(2) Metode Berdasarkan Pendekatan Kelompok
Edukator berhubungan dengan sasaran edukasi secara
kelompok. Metode ini cukup efektif karena sasaran
dibimbing dan diarahkan untuk melakukan suatu kegiatan
yang lebih produktif atas dasar kerjasama. Pendekatan
kelompok ini dapat terjadi pertukaran informasi dan
pertukaran pendapat serta pengalaman antara sasaran
edukasi dalam kelompok yang bersangkutan. Selain itu,
memungkinkan adanya umpan balik dan interaksi kelompok
yang memberi kesempatan bertukar pengalaman maupun
pengaruh terhadap perilaku dan norma anggotanya.
(3) Metode Berdasarkan Pendekatan Massa
Metode ini dapat menjangkau sasaran dengan jumlah
banyak. Dipandang dari segi penyampaian informasi, metode ini cukup baik, namun terbatas hanya dapat
menimbulkan kesadaran atau keingintahuan semata.
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa metode pendekatan
massa dapat mempercepat proses perubahan, tetapi jarang
dapat mewujudkan perubahan dalam perilaku. Adapun yang
termasuk dalam metode ini antara lain rapat umum, siaran
radio, kampanye, pemutaran film, surat kabar, dan
sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar