Rabu, 25 Maret 2020

Prinsip-prinsip VCT (skripsi dan tesis)

Membahas model VCT lebih jauh lagi, maka dapat dikerucutkan pada prinsip-prinsip yang mendasari. Pembelajaran model VCT ini di daarkan pada prinsip relativitas moral (Brady, 2008: 87). Dikatakan relatif karena disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut didukung oleh pendapat dari Fritz & Guthrie, (2017: 01) yang menyatakan bahwa VCT adalah proses dinamis dimana orang memahami apa yang mereka pandang secara individual sebagai hal yang penting dalam kehidupan mereka sesuai dengan nilai-nilai sosial yang berlaku di sekitarnya. Adapun prinsip prinsip VCT yang dipaparkan oleh Taniredja, et al. (2015: 89) sebagai berikut.
1)      Penanaman nilai dan pengrubahan sikap dipengaruhi oleh banyak hal. Fakto-faktor yang dimaskud anatara lain: potensi diri, kepekaan emosi, sistem pendidikan, keluarga, lingkungan bermain dan norma masyarakat.
2)      Sikap dan perubahan sikap dipengaruhi oleh stimulus yang diterima dan kekuatan nailai yang telah tertanam pada siswa.
3)      Nilai, norma dan moral dipengaruhi oleh faktor perkembangan. Hal tesebut mengharuskan guru untuk mempertimbangkan tingkat perkembangan moral setiap siswa.
4)      Perubahan sikap dan nilai memerlukan keterampilan untuk mengklarifikasi nilai atau sikap secara rasional, sehingga dalam diri siswa muncul kesadaran diri bukan karena rasa kewajiban bersikap atau berbuat tertentu.
5)      Mengubah nilai memerlukan keterbukaan. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran menggunakan model VCT menuntut adanya keterbukaan anatara guru dan siswa.
Berdasarkan penjabaran prinsip-prinsip model VCT di atas dapat disimpulkan bahwa model VCT menekankan pada internal side siswa. Namun, bantuan dari orang lain masih sangat diperlukan dalam proses perubahan, khususnya agar dapat mengasah ketrampilan siswa dalam mengklarifikasi nilai. Berangkat dari prinsip-prinsi ini, model VCT di bagi menjadi beberapa bentuk yang akan di bahas pada pokok bahasan selanjutnya

Tidak ada komentar: