Rabu, 25 Maret 2020

Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)


Perilaku konsumen ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan berhubungan
dengan strategi apa yang akan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi
perilaku mereka. Para konsumen sangat beragam dilihat dari segi usia, pendapatan,
tingkat pendidikan dan selera. Maka untuk mengenali perilaku seorang konsumen
sangatlah tidak mudah, sehingga sangat penting bagi para pemasar untuk mempelajari
persepsi, preferensi, dan perilakunya dalam berbelanja.
Menurut Kotler dan Keller (2016:179), mendefinisikan bahwa perilaku konsumen
adalah “perilaku konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan
organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa, ide, atau
pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.” Kotler dan Keller
(2016:187) menjelaskan proses pengambilan keputusan oleh konsumen dipengaruhi
oleh beberapa faktor yang berbeda namun saling terikat.
Pada gambar 2.1, bahwa proses pengambilan keputusan merupakan proses
psikologis dasar yang memainkan peranan penting dalam memahami bagaimana
konsumen secara aktual mengambil keputusan pembelian. Titik awal untuk memahami
perilaku konsumen adalah model rangsangan-tanggapan. Pemasar bertugas untuk
memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen antara datangnya rangsangan
luar dan keputusan pembelian akhir. Empat proses psikologis penting yaitu motivasi,
persepsi, pembelajaran dan memori secara fundamental turut mempengaruhi tanggapan
konsumen terhadap berbagai rangsangan pemasaran.

Tidak ada komentar: