Berbagai
pendapat ahli memberikan sudut pandang yang komprehensif mengenai pengertian prestasi belajar.
Diantaranya adalah Hamalik (2011:27) berpendapat bahwa prestasi belajar adalah perubahan sikap dan tingkah laku setelah menerima pelajaran
atau setelah mempelajari sesuatu Bloom
(dalam Nurman, 2006:36) bahwa prestasi belajar merupakan hasil
perubahan perilaku yang meliputi tiga ranah kognitif terdiri atas: pengetahuan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Azwar (2003:9) mengatakan prestasi belajar merupakan dapat
dioperasionalkan dalam bentuk indikator-indikator berupa nilai raport, indeks
prestasi studi, angka kelulusan dan predikat keberhasilan.
Ahmadi
(2012:138) menjelaskan
pengertian prestasi belajar sebagai berikut: Secara teori bila sesuatu kegiatan
dapat memuaskan suatu kebutuhan, maka ada kecenderungan besar untuk
mengulanginya. Sumber penguat belajar dapat secara ekstrinsik (nilai, pengakuan, penghargaan) dan dapat secara ekstrinsik
(kegairahan untuk menyelidiki, mengartikan situasi). Disamping itu siswa memerlukan/ dan harus
menerima umpan balik secara langsung derajat sukses pelaksanaan tugas (nilai
raport/nilai test)
Definisi di
atas dapat disimpulkan bahwa pengertian prestasi belajar ialah hasil usaha
bekerja atau belajar yang menunjukan ukuran kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai.
Sedangkan prestasi belajar hasil usaha belajar yang berupa nilai-nilai sebagai
ukuran kecakapan dari usaha belajar yang telah dicapai seseorang, prestasi
belajar ditunjukan dengan jumlah nilai raport atau test nilai sumatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar