Selasa, 24 Maret 2020

Pengertian Matematika (skripsi dan tesis)

Matematika bukan merupakan suatu hal yang asing terdengar di telinga kita, setiap saat pasti kita selalu dihadapkan dengan yang namanya Matematika. Matematika merupakan ratunya ilmu, semua cabang ilmu pasti memerlukan perhitungan. Matematika berasal dari Bahasa latin “mathematika” yang mulanya diambil dari Bahasa yunani “mathematike” yang berarti mempelajari.
Matematika adalah ilmu tentang pola, keteraturan pola atau ide, dan Matematika adalah suatu seni, keindahannya terdapat pada keteraturan dan keharmonisan (Jihad dan Haris, 2008:152).
Menurut Suherman (2003: 16) Matematika adalah disiplin ilmu tentang cara berpikir dan mengolah logika, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Sedangkan menurut Abdurrahman (2002:252) Matematika adalah Bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berpikir.
Berdasarkan pengertian Matematika dari beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang perhitungan, pengkajian, dan menggunakan nalar atau kemampuan berpikir seseorang secara logika dan pikiran yang jernih. Matematika itu mempelajari hal-hal yang ada, Matematika tidak akan sanggup mengkaji tentang hal-hal yang tidak pernah ada.

Tidak ada komentar: