Rabu, 25 Maret 2020

Pengertian Geografi (skripsi dan tesis)


Hasil SEMLOK atau Seminar Lokakarya yang dilaksanakan di Semarang pada tahun 1988 mengkonsepkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan (Suharyono & Amien, 1994: 15)
Sumaatmaja (1988: 13) mendefinisikan geografi adalah menelaah benda, gejala dan masalah kehidupan dalam ruang (space) yang menyangkut lokasi, penyebaran dan interaksinya (interaksi keruangan) satu sama lain. Dalam hal ini yang dimaksud dengan ruang tidak lain adalah bagian permukaan bumi yang meliputi daratan (litosfera), air (hidrosfera) dan lapisan udara (atmosfera).
Sutikno (2001) mendefinikasikan geografi merupakan ilmu yang menggunakan pendekatan holistik melalui kajian keruangan, kewilayahan, ekologi dan sistem, serta historis untuk mendeskripsikan dan menganalisis struktur pola, fungsi dan proses interelasi, interdepedensi dan hubungan timbal balik dari serangkaian gejala, kenampakan atau kejadian dari kehidupan manusia (penduduk), kegiatannya atau budidayanya dengan keadaan lingkungannya di permukaan bumi, sehingga dari kajian tersebut dijelaskan dan diketahui lokasi atau penyebaran, adanya persamaan dan perbedaan wilayah dalam hal potensi, masalah, informasi geografi lainnya, serta dapat meramalkan informasi baru atas gejala-gejala geografi untuk masa mendatang dan menyusun dalil-dalil geografi baru serta selanjutnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan kehidupan manusia.
Geography is an integrative discipline that brings together the physical and human dimensions of the world in the study of people, places, and environments, and the connections between people and places (Sarah dkk, 1994: 18). Pengertian geografi adalah disiplin integratif yang menyatukan dimensi fisik dan manusia dunia dalam studi orang, tempat, dan lingkungan, dan hubungan antara orang dan tempat. geografi merupakan ilmu ruang dan tempat di permukaan bumi. Subjeknya adalah fenomena fisik dan manusia yang membentuk lingkungan dan tempat di dunia. Ahli geografi menggambarkan perubahan pola tempat di dunia, peta, dan geografis, menjelaskan bagaimana pola-pola ini terjadi, dan mengungkap maknanya. pencarian berkelanjutan geografi adalah untuk memahami fitur fisik dan budaya tempat-tempat dan pengaturan alam di permukaan bumi.
‘‘Geography is much more than place names and locations. It is the study of spatial variation, of how and why things differ from place to place on the surface of the earth. It is, further, the study of how observable spatial patterns evolved through time. Just as knowing the names and locations of organs in the human body does not equip one to perform open-heart surgery, knowing where things are located is only the first step toward understanding why things are where they are, and what events and processes determine or change their distribution (Blij & Muller,1997: 2)’’

Pendapat diatas menyatakan geografi adalah mempelajari mengenai variasi spasial, tentang bagaimana dan mengapa hal-hal berbeda dari satu tempat ke tempat lain di permukaan bumi dan lebih  jauh lagi adalah mempelajari tentang bagaimana pola-pola spasial yang dapat diamati berevolusi melalui waktu. mengetahui dimana hal-hal yang terletak hanya langkah pertama menuju pemahaman mengapa hal-hal di mana mereka berada, dan apa peristiwa dan proses menentukan atau mengubah distribusi. geografi fokus pada interaksi orang dan kelompok sosial dengan lingkungannya - planet bumi dan dengan satu sama lain; mereka berusaha untuk memahami bagaimana dan mengapa pola-pola spasial fisik dan budaya berevolusi melalui waktu dan terus berubah. 

Tidak ada komentar: