Selasa, 24 Maret 2020

Konsep Pembelajaran Kooperatif (skripsi dan tesis)

Pembelajaran koopertif merupakan sistem kerja kelompok. Akan tetapi, tidak semua kerja kelompok merupakan pembelajaran kooperatif. Bennet dalam Isjoni menyatakan ada lima unsur dasar yang dapat membedakan pembelajaran kooperatif dengan kerja kelompok, yaitu :
1)      Positive interdependence, yaitu hubungan timbal balik yang didasari adanya kepentingan yang sama atau perasaan antara anggota kelpompok dimana keberhasilan seseorang merupakan keberhasilan yang lain atau sebaliknya.
2)      Interaction face to face, yaitu interaksi yang langsung terjadi antar peserta didik tanpa adanya perantara.
3)      Adanya tanggung jawab pribadi mengenai materi pembelajaran dalam anggota kelompok.
4)      Membutuhkan keluwesan.
5)      Meningkatkan ketrampilan bekerja sama dalam memecahkan masalah
Menurut Slavin (dalam Trianto, 2009 : 61), konsep utama dari belajar kooperatif adalah sebagai berikut :
1)      Penghargaan kelompok, yang akan diberikan jika kelompok mencapai kriteria yang ditentukan.
2)      Tanggung jawab individual, bermakna bahwa suksesnya kelompok tergantung pada belajar individual semua anggota kelompok. Tanggung jawab ini terfokus dalam usaha untuk membantu yang lain dan memastikan setiap anggota kelompok telah siap menghadapi evaluasi tanpa bantuan yang lain.
3)      Kesempatan yang sama untuk sukses, bermakna bahwa siswa telah membantu kelompok dengan cara meningkatkan belajar mereka sendiri. Hal ini memastikan bahwa siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sama-sama tertantang untuk melakukan yang terbaik dan bahwa kontribusi semua anggota kelompok sangat bernilai.

Tidak ada komentar: