Rabu, 25 Maret 2020

Keterkaitan VCT dengan Cinta Tanah Air (skripsi dan tesis)

Sikap cinta tanah air merupakan sikap dimana seorang mempunyai rasa memiliki, bangg dan setia terhadap tanah airnya serta lebih mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan individu. Cinta tanah air adalah keadaan pikiran dari individu yang mensejahterakan orang atau bangsa yang menjadi bagian dari bangsa atau negara tersebut seperti melestarikan dan menjelaskan bahwa cinta tanah air sebagai bagian untuk mencapai tujuan ideologi tertentu yang melalui rencana maupun usaha yang diyakini berasal dari pikiran dan perilaku.
Dalam mengembangkan sikap cinta tanah air, guru juga bertugas sebagai fasilitator dan juga mengarahkan siswanya. Sikap cinta tanah air ini dapat dikembangkan melalui pendekatan pembelajar yang memberikan siswa untuk dapat menilai, memilih dan menemukan contoh-contoh perbuatan yang mencerminkan sikap cinta tanah air. Salah satu pembelajaran yang dapat di gunakan adalah VCT.
Nadiroh dan Akbar (2019) menyatakan bahwa Value Clarification Technique (VCT) adalah teknik pembelajaran untuk membantu siswa dalam mencapai dan menentukan nilai yang dianggap baik dalam menangani masalah melalui proses analisis nilai yang ada dan melekat pada siswa. Strategi Value Clarification Technique (VCT) adalah strategi yang mendorong siswa untuk menafsirkan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya manusia melalui pencarian secara individu untuk nilai-nilai baik atau buruk (Antosa dan Jupriani, 2018)
Value Clarification Technique (VCT) memberikan suatu bentuk pembelajaran siswa diawali dengan tahap menghargai kemudian tahap memilih dan terakhir tahap berbuat. Dalam tiga tahapan itu siswa nantinya diminta untuk berdiskusi menilai permasalahana yang ada dan  memecahkan permasalahan  kemudian memilih alternatif pemecahan masalah dan berani mempertanggung jawabkan apa pemecahan masalah yang mereka sarankan. Melalui ketiga tahapan inilah sikap cinta tanah air siswa dapat dibangun.
Pembelajaran ini baik untuk membantu siswa dalam membangun sikap cinta tanah air siswa. Hal ini didukung oleh Kirschenbaum (2013: 4) menjelaskan bahwa VCT dapat digunakan untuk membantu keomlpok dan organisasi untuk memperjelas nilai-nilai mereka. Siswa akan lebih memahami jati dirinya sebagai masyarakat Indonesia yang kaya akan ragam suku bangsa dan agama.

Tidak ada komentar: