Sikap
cinta tanah air merupakan sikap dimana seorang mempunyai rasa memiliki, bangg
dan setia terhadap tanah airnya serta lebih mengutamakan kepentingan bersama di
atas kepentingan individu. Cinta tanah air adalah keadaan pikiran dari individu
yang mensejahterakan orang atau bangsa yang menjadi bagian dari bangsa atau
negara tersebut seperti melestarikan dan menjelaskan bahwa cinta tanah air
sebagai bagian untuk mencapai tujuan ideologi tertentu yang melalui rencana
maupun usaha yang diyakini berasal dari pikiran dan perilaku.
Dalam
mengembangkan sikap cinta tanah air, guru juga bertugas sebagai fasilitator dan
juga mengarahkan siswanya. Sikap cinta tanah air ini dapat dikembangkan melalui
pendekatan pembelajar yang memberikan siswa untuk dapat menilai, memilih dan
menemukan contoh-contoh perbuatan yang mencerminkan sikap cinta tanah air.
Salah satu pembelajaran yang dapat di gunakan adalah VCT.
Nadiroh dan Akbar (2019) menyatakan bahwa Value Clarification Technique (VCT) adalah teknik pembelajaran untuk membantu siswa dalam
mencapai dan menentukan nilai yang dianggap baik dalam menangani masalah
melalui proses analisis nilai yang ada dan melekat pada siswa. Strategi Value
Clarification Technique (VCT) adalah strategi yang mendorong siswa untuk
menafsirkan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya manusia melalui pencarian
secara individu untuk nilai-nilai baik atau buruk (Antosa dan Jupriani, 2018)
Value Clarification Technique (VCT)
memberikan suatu bentuk pembelajaran siswa diawali dengan tahap menghargai
kemudian tahap memilih dan terakhir tahap berbuat. Dalam tiga tahapan itu siswa
nantinya diminta untuk berdiskusi menilai permasalahana yang ada dan memecahkan permasalahan kemudian memilih alternatif pemecahan masalah
dan berani mempertanggung jawabkan apa pemecahan masalah yang mereka sarankan.
Melalui ketiga tahapan inilah sikap cinta tanah air siswa dapat dibangun.
Pembelajaran
ini baik untuk membantu siswa dalam membangun sikap cinta tanah air siswa. Hal
ini didukung oleh Kirschenbaum (2013: 4) menjelaskan bahwa VCT dapat digunakan
untuk membantu keomlpok dan organisasi untuk memperjelas nilai-nilai mereka.
Siswa akan lebih memahami jati dirinya sebagai masyarakat Indonesia yang kaya
akan ragam suku bangsa dan agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar