Rabu, 25 Maret 2020

Kesadaran Merek (Brand Consciousness) (Skripsi dan tesis)


Kesadaran merek artinya kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali
atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk
tertentu (Kotler dan Keller, 2016). Kesadaran merek terdiri dari kinerja pengakuan
merek dan penarikan merek kembali. Pengakuan merek adalah kemampuan konsumen
untuk mengenal suatu merek ketika diberikan pilihan merek sebagai isyarat. Penarikan
merek kembali adalah kemampuan konsumen untuk mengingat merek dari ingatan
ketika diberikan kategori produk, kebutuhan terpenuhi oleh kategori, atau pembelian
atau penggunaan situasi sebagai petunjuk (Kotler dan Keller, 2016).
Menurut Aaker (2013) kesadaran merek menyediakan sejumlah besar keunggulan
kompetitif yaitu :
1. Kesadaran menyediakan merek dengan rasa keakraban/dikenal, dan konsumen
biasanya menyukai sesuatu hal/merek yang dikenal dan akrab dengan dirinya.
2. Kesadaran merek dapat menjadikan sinyal kehadiran, komitmen dan atribut
yang dapat menjadi sangat penting bagi konsumen untuk mempertahankan
posisi merek di pasaran.
3. Keunggulan merek akan menentukan apabila konsumen mengingat

Tidak ada komentar: