Rabu, 25 Maret 2020

Kesadaran Diri Publik (Public Self Consiciousness) (skripsi dan tesis)


Fenigstein (1979) dalam Casidy et al., (2015) mengidentifikasi dua jenis
kesadaran diri yaitu kesadaran diri pribadi dan kesadaran diri publik. Kesadaran diri
pribadi mencerminkan aspek-aspek dari diri yang tidak dapat dilihat oleh orang lain
sedangkan kesadaran diri publik mencerminkan orang-orang menggambarkan diri
mereka sendiri dan bagaimana orang lain mempersepsikan mereka.
Konsumen yang memiliki kesadaran publik cenderung terlalu khawatir tentang
penampilan dan mode mereka (Quoquab et al., 2014). Studi sebelumnya telah
menemukan bahwa tingkat kesadaran publik yang kuat secara signifikan terkait dengan
kepemimpinan opini fashion keterlibatan mode, dan kemampuan mode yang dirasakan
memberikan lebih lanjut bukti untuk gagasan bahwa mode pakaian dapat digunakan
untuk meningkatkan citra diri sosial. Namun, meskipun sejumlah besar studi telah
meneliti kesadaran diri publik dari perspektif psiko-sosiologis, sampai saat ini sedikit
penelitian telah dikhususkan untuk memeriksa kesadaran publik terhadap perilaku
konsumen (Workman dan Lee, 2013).

Tidak ada komentar: