Rabu, 25 Maret 2020

Indikator Cinta Tanah Air (skripsi dan tesis)

Seseorang dapat dikatakan mempunyai sikap cinta tanah air yaitu ketika seorang tersebut perilaku atau tindakanya sesuai dengan ciri atau indikator pada sikap cinta tanah air. Cinta tanah air merupakan suatu aspek politik yang mana akan mengarah pada persamaan etnis dan budaya (Jenkis, 2008: 148). Hal tersebut mengakibatkan pembahasan akan menjadi lebih kompleks. Kesatuan dan persatuan suatu negara ditandai dengan pesamaaan akan hak dan juga kewajiban warga negara.
Perkembangan sikap cinta tanah air dalam diri seseorang dapat dijelaskan oleh hal berikut, antara lain emosi nasional positif yang kuat; perilaku nasional dengan intensitas tinggi; keyakinan yang sangat positif tentang negara dan orang-orang (Dekker, et al., 2003: 353). Ketika seseorang telah menunjukan hal-hal yang demikian, hidupnya akan lebih disibukan untuk memikirkan serta melakukan hal positif untuk kebaikan lingkungan sekitarnya.
Aman (2011: 141) mengungkapkan bahwa sikap cinta tanah air dapat ditunjukan melalui indikator-indikator berikut:
1)   cinta tanah air;
2)   menghargai jasa-jasa pahlawan;
3)   rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara;
4)   mengutamakan persatuan dan kesatuan;
5)   berjiwa pembaharu dan tidak kenal menyerah, dan;
6)   memiliki sikap tenggang rasa sesama manusia.
Sebagai bagian dari cinta tanah air tersebut memiliki tipe dari sikap Nasionalis sesuai yang dibagi oleh Dimitrova (2013:71) penjelasan tentang lima tipe nasionalisme, yaitu; (1) perasaan nasional (perasaan memiliki satu negara); (2) keinginan nasional (menyukai orang satu negara); (3) kebanggaan nasional (menjadi bangga satu dengan orang dan negara), (4) preferensi nasional (memilih salah satu orang dan negara atas orang lain), dan (5) keunggulan nasional (perasaan sikap nasional tersebut dimiliki oleh warga negara di dunia bahkan di Indonesia.
Indikator cinta tanah air dalam pendidikan dirumuskan bahwa terdapat 18 nilai karakter. Pelatihan untuk penguatan pendidikan karakter dimulai pada tahun 2010, berikut adalah Indikator cinta tanah air yang diambil dari Bahan Pelatihan penguntun metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya membentuk daya saing dan karakter bangsa.
Indikator cinta tanah air dijelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana oleh Mustari (2014; 160). Adapun indikatornya mencakup:
1)   menghargai jasa pahlawan nasional;
2)   bangga menggunakan produk dalam negeri;
3)   menghargai keindahan alam dan bidaya Indonesia;
4)   hafal lagu-lagu kebangsaan, dan;
5)   memilih berwisata dalam negeri.
Berdasarkan pendapat ahli di atas, maka dapat disimpulkan indikator sikap cinta tanah air yang akan digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendapat Mustari. Pertimbanganya adalah lima indikator yang dijalaskan sesuai dengan karakteristik yang mudah dipahami oleh anak SD. Selain itu, indikator tersebut mudah digunakan untuk anak kelas IV SD. Indikator tersebut antara lain: (a) menghargai jasa pahlawan nasional; (b) bangga menggunakan produk dalam negeri; (c) menghargai keindahan alam dan budaya Indonesia; (d) hafal lagu-lagu kebangsaan, dan (e) memilih berwisata dalam negeri.

Tidak ada komentar: