Seseorang dapat dikatakan mempunyai
sikap cinta tanah air yaitu ketika seorang tersebut perilaku atau tindakanya
sesuai dengan ciri atau indikator pada sikap cinta tanah air. Cinta tanah air
merupakan suatu aspek politik yang mana akan mengarah pada persamaan etnis dan
budaya (Jenkis, 2008: 148). Hal tersebut mengakibatkan pembahasan akan menjadi
lebih kompleks. Kesatuan dan persatuan suatu negara ditandai dengan pesamaaan
akan hak dan juga kewajiban warga negara.
Perkembangan sikap cinta tanah air dalam
diri seseorang dapat dijelaskan oleh hal berikut, antara lain emosi nasional
positif yang kuat; perilaku nasional dengan intensitas tinggi; keyakinan yang
sangat positif tentang negara dan orang-orang (Dekker, et al., 2003: 353).
Ketika seseorang telah menunjukan hal-hal yang demikian, hidupnya akan lebih
disibukan untuk memikirkan serta melakukan hal positif untuk kebaikan
lingkungan sekitarnya.
Aman (2011: 141) mengungkapkan bahwa
sikap cinta tanah air dapat ditunjukan melalui indikator-indikator berikut:
1) cinta
tanah air;
2) menghargai
jasa-jasa pahlawan;
3) rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara;
4) mengutamakan
persatuan dan kesatuan;
5) berjiwa
pembaharu dan tidak kenal menyerah, dan;
6) memiliki
sikap tenggang rasa sesama manusia.
Sebagai bagian dari cinta tanah air
tersebut memiliki tipe dari sikap Nasionalis sesuai yang dibagi oleh Dimitrova
(2013:71) penjelasan tentang lima tipe nasionalisme, yaitu; (1) perasaan
nasional (perasaan memiliki satu negara); (2) keinginan nasional (menyukai
orang satu negara); (3) kebanggaan nasional (menjadi bangga satu dengan orang
dan negara), (4) preferensi nasional (memilih salah satu orang dan negara atas
orang lain), dan (5) keunggulan nasional (perasaan sikap nasional tersebut
dimiliki oleh warga negara di dunia bahkan di Indonesia.
Indikator cinta tanah air dalam
pendidikan dirumuskan bahwa terdapat 18 nilai karakter. Pelatihan untuk
penguatan pendidikan karakter dimulai pada tahun 2010, berikut adalah Indikator
cinta tanah air yang diambil dari Bahan Pelatihan penguntun metodologi
pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya membentuk daya saing dan karakter
bangsa.
Indikator cinta tanah air dijelaskan dengan bahasa yang
lebih sederhana oleh Mustari (2014; 160). Adapun indikatornya mencakup:
1)
menghargai jasa pahlawan nasional;
2)
bangga menggunakan produk dalam
negeri;
3)
menghargai keindahan alam dan bidaya
Indonesia;
4)
hafal lagu-lagu kebangsaan, dan;
5)
memilih berwisata dalam negeri.
Berdasarkan pendapat ahli di atas, maka dapat disimpulkan
indikator sikap cinta tanah air yang akan digunakan dalam penelitian ini
mengacu pada pendapat Mustari. Pertimbanganya adalah lima indikator yang
dijalaskan sesuai dengan karakteristik yang mudah dipahami oleh anak SD. Selain
itu, indikator tersebut mudah digunakan untuk anak kelas IV SD. Indikator
tersebut antara lain: (a) menghargai jasa pahlawan nasional; (b) bangga
menggunakan produk dalam negeri; (c) menghargai keindahan alam dan budaya
Indonesia; (d) hafal lagu-lagu kebangsaan, dan (e) memilih berwisata dalam
negeri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar