Selasa, 24 Maret 2020

Goal orientation theory (skripsi dan tesis)

Grand theory dalam penelitian ini adalah Goal orientation theory. Teori ini diperkenalkan oleh JA Eison (1985) seorang psikolog pendidikan. Teori orientasi tujuan adalah teori kognitif sosial dari motivasi akademik. Goal orientation theory memiliki dua kategori konsep yaitu (1) Kategori pertama bahwa tujuan yang dikuasai oleh siswa yang berusaha memahami atau menguasai tugas yang diberikan sekolah. Siswa tipe ini tertarik pada pengembangan diri dan siswa dengan tipe ini cenderung membandingkan prestasi mereka saat ini dengan prestasi mereka sebelumnya, (2) Kategori kedua bahwa siswa memiliki dorongan untuk menunjukkan kemampuan mereka dibandingkan dengan yang lain. Siswa tipe ini tertarik pada persaingan, menunjukkan kompetensi mereka dan mengungguli prestasi siswa yang lain. Tipe siswa model ini cenderung menggunakan siswa lain sebagai titik perbandingan daripada diri mereka sendiri (Collum, 2007).
Goal orientation theory digunakan dalam mendukung penelitian ini karena teori ini sangat relevan untuk menguji motivasi siswa dan prestasi siswa. dimana teori ini menjelaskan bahwa motivasi siswa berbeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Terdapat siswa yang termotivasi sendiri sebelum mereka dapat dimotivasi oleh orang lain. Namun ada siswa yang termotivasi karena dorongan eksternal seperti adanya kompetisi. Kompetisi merupakan salah satu teknik motivasi yang masuk dalam ketegori kedua tipe siswa yang telah dijelaskan di atas.


Tidak ada komentar: