Sabtu, 14 Maret 2020

Faktor-faktor Pembelian Kompulsif (skripsi dan tesis)

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kompulsif, yaitu:
 a. Celebrity worship 
Menurut Revees (2014) celebrity worship mempengaruhi pembelian kompulsif. Lebih lanjut Revees (dalam Anastasia, 2017) berpendapat bahwa semakin tinggi tingkat kebutuhan seseorang untuk dihibur oleh idolanya maka semakin tinggi pula tingkat pembelian kompulsif fans. Teori ini didukung oleh penelitian Devi (2014) jika seorang fans merasa terikat secara emosional maka Ia akan mengikuti perkembangan idolanya dengan cara membeli tiket pertunjukan dan bertemu langsung dengan idolanya. 
b. Kontrol Diri 
O’Guinn dan Faber (1989) seseorang yang memiliki perilaku pembeli yang kompulsif biasanya tidak bisa mengontrol diri dan terkesan kurang peduli terhadap apa yang dibelinya. Menurut Naomi & Mayangsari (2008) kontrol diri  perlu dimiliki seseorang ketika menghadapi pembelian yang bersifat impulsive maupun kompulsif, karena perilaku ini diangap sebagai pembelian yang tidak disertai pertimbagan yang matang, sesuai dengan kebutuhan jangka panjang, dan rasionalitas. Seseorang yang tidak memiliki kontrol diri lebih memprioritaskan konsumsi yang bersifat hedonis dari pada fungsional karena memang menginginkan sesuatu yang bersifat luas (Phillips,dkk dalam Naomi & Mayangsari 2008). Teori ini didukung oleh penelitian Maskhuroh & Renanita (2018) semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah kecenderunan pembelian kompulsif. Sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi kecenderunan perikalu pembelian kompulsifnya.
 c. Keluarga 
Menurut Mangestuti (2014), keluarga sebagai faktor dari pembelian kompulsif dapat dipahami melalui teori belajar sosial. Keluarga adalah dasar terbentuknya perilaku pembelian kompulsif, karena awal dari sosialisasi konsumen berasal dari keluarga. Keluarga dengan orang tua berstatus pembeli kompulsif akan menjadi model untuk ditiru. Selain itu, orang tua yang tidak memberikan dukungan berupa kasih sayang dan perhatian namun justru banyak memberikan tekanan menjadi penguat bagi remaja untuk melakukan pembelian kompulsif. 
Workman & Paper (2010) merangkum faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kompulsif dalam enam kategori: 
a. Variabel Kepribadian Variabel kepribadian yang dimaksud meliputi kompulsifitas, merasa harga dirinya rendah, perasaan negatef atau depresi, rasa kesepian, pencarian gairah, dan berfantasi.
 b. Faktor Demografi Faktor demografi di sini mengenai faktor pendapatan, usia, dan gender.
 c. Intensitas Perasaan Konsumen yang kompulsif cenderung memiliki respon perasaan yang kuat terhadap stimuli tertentu dibandingkan dengan konsumen lain. 
d. Evaluasi normatif dan pengendalian impuls Kurangnya pengendalian impuls telah dikaitkan dengan orang-orang yang tidak mampu menahan ataupun menunda kepuasan ketika sebuah rangsangan untuk membeli muncul. 
e. Penggunaan kartu kredit Konsumen yang kompulsif membuktikan penggunaan kartu kredit yang sangat tinggi atau menyalah gunakan kartu kredit disbanding dengan konsumen lain. 
f. Konsekuensi jangka pendek dan janka panjang dari belanja kompulsif Konsekuensi jangka pendek pembelian kompulsif bersifat positif seperti berkurangnya stress dan tekanan. Namun jika bekelanjutan, konsekuensi jangka panjang dari perilaku ini sifatnya negatif seperti kesulitan pribadi, utang finansial, gangguan dalam kehidupan keluarga. 
 Oleh karena itu dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kompulsif adalah celebrity worship, kontrol diri, keluarga, variabel kepribadian, demografi, intensitas perasaan, evaluasi normatif dan pengendalian impuls, penggunaan kartu kredit, dan konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang pembelian kompulsif

Tidak ada komentar: