Senin, 24 Februari 2020

Skala Pengukuran (skripsi dan tesis)


Skala pengukuran sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana atau skala yang kompleks (Kuncoro, 2009). Skala sederhana adalah suatu skala yang digunakan untuk mengukur beberapa karakteristik misalnya dari pertanyaan “Apakah anda laki-laki atau perempuan?”. Sedangkan skala kompleks terdiri dari beberapa skala yang digunakan untuk mengukur beberapa karakteristik, misalnya “Bagaimana tanggapan Anda mengenai pembangunan hotel bintang lima di Yogyakarta: Sangat tidak setuju, tidak setuju, tidak peduli, setuju, sangat setuju”.
Menurut Kuncoro (2009) ada 2 teknik skala pengukuran yaitu skala penilaian
(rating scales) dan attitude scales. Skala penilaian terbagi lagi menjadi 3 yaitu:
a. Graphic rating scales
Responden menunjukkan perasaan atau penilaiannya dalam skala grafik.
Misalnya dalam skala 0 sampai 100 (0=sangat jelek, 50=netral, dan
100=yang paling baik).
b. Itemized rating scales
Pada skala ini dipilih suatu kategori dalam bentuk berurutan, misalnya
dari pertanyaan “Apakah anda tertarik menggunakan sepeda dengan
merk BMX?” jawabannya adalah sangat tertarik, tertarik, dan tidak
tertarik.
c. Comparative rating scales
Pada skala ini orang, obyek, atau fenomena lain dinilai dalam suatu
standar orang, obyek, dan fenomena lain itu sendiri. Bentuk skala ini
dikenal dengan skala rank order. Misalnya, “Rangkinglah merk
handphone-handphone berikut menurut urutan yang Anda sukai. Beri nilai
1 untuk yang paling Anda sukai, nilai 2 untuk selanjutnya, dan nilai 3
untuk berikutnya, dst”.
_____Iphone _____Samsung _____Asus _____Sony _____Nokia
Sedangkan attitude scales terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Likert scale
Pada jenis skala ini responden menyatakan tingkat setuju atau tidak
setuju mengenai berbagai pernyataan tentang perilaku , objek, orang,
atau kejadian. Biasanya skala yang ada terdiri dari 5 sampai 7 titik. Skalaskala ini nantinya akan dijumlahkan untuk mendapatkan gambaran dari
apa yang dinilai. Misalnya “Saya senang menari” pilihan jawabannya
adalah 1=sangat tidak setuju, 2=tidak setuju, 3=netral, 4=setuju, 5=sangat
setuju.
b. Semantic differential
Pada jenis skala ini responden menilai perilaku obyek dengan skala 5
atau 7 titik dari dua kutub kata sifat atau frase seperti positif dan
negatifnya suatu objek, orang, kejadian. Misalnya, “Nilailah ice cream Mc
Donald’s dalam dimensi berikut ini” pilihan jawabannya adalah rentang
dari kutub positif dan negatif (enak: __ : __ : __ : __ : __ : tidak enak)

Tidak ada komentar: