Menurut hopkins (1993), PTK disebut dengan classroom action research.
Penelitian model ini menurut Suyanto (1996) sedang berkembang dengan pesat di
negara-negara maju. Seperti Inggris, Amerika, Australia, dan Kanada. Para ahli
penelitian pendidikan akhir-akhir ini menaruh perhatian yang cukup besar terhadap
PTK. Hal ini disebabkan jenis penelitian ini mampu menawarkan berbagai cara dan
prosedur baru yang lebih mengena dan bermanfaat dalam memperbaiki dan
meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Berdasarkan uraian di atas, penelitian tindakan kelas mempunyai
karakteristik yang berbeda dengan penelitian formal. PTK merupakan: (a) an
inquiry on practice from within, (b) a collaborative effort between school teachers
and teacher educators, dan (c) a reflective practice made public.
Berdasarkan karakteristik tersebut dapat dijelaskan bahwa kegiatan PTK
dipicu oleh permasalahan praktis yang secara langsung dihayati dalam pelaksanaan
tugas sehari-hari oleh guru sebagai pengelola program pembelajaran di kelas. Guru
sebagai jajaran staf pengajar di suatu sekolah secara praktis mengetahui berbagai
permasalahan yang dihadapi di kelasnya berkaitan dengan permasalahan
pengajaran.
PTK itu bersifat practice driven dan action driven. Hal itu bearati bahwa
PTK bertujuan memperbaiki pengajaran secara praktis dan secara langsung. Oleh
25
karena itu, banyak kalangan menamakan PTK sebagai penelitian praktis (practical
inquiry).PTK hanya memusatkan perhatian pada permasalahan yang spesifik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar