Model Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBM) adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya
permasalahan nyata sebagai konteks untuk peserta didik belajar berfikir
kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh
pengetahuan ( Duch,1995).
Finkle dan Torp (1995) menyatakan model Problem Based Learning
(PBL) merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pengajaran yang
mengembangkan serta simultan strategi pemecahan masalah dan dasardasar pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta
didik dalam peran aktif sebagai pemecah permasalahan sehari-hari yang
tidak terstruktur dengan baik.
Model Problem based learning (PBL) merupakan suatu pendekatan
pembelajarn atau metode mengajar yang fokus pada siswa dengan
mengarahkan siswa menjadi pembelajar mandiri yang terlibat langsung
secara aktif terlibat dalam pembelajaran berkelompok. PBL membantu
siswa untuk mengembangkan ketrampilan mereka dalam memberikan alas
an dan berpikir ketika mereka mencari data atau informasi agar mendaptkan
solusi untuk memecahkan masalah, Suyanto ( 2008:21)
Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu strategi
pengajaran yang berasosiasi dengan pembelajaran kontekstual.
Problem Based Learning (PBL) adalah suatu pendekatan pengajaran yang
menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar
berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk
memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran
(Nurhadi dkk, 2009;16).
Menurut Riyanto (2009:288) Problem Based Learning (PBL)
memfosuskan pada siswa menjadi pembelajaran yang mandiri dan
terlibat lansung secara aktif dalam pembelajran kelompok. Model ini
membantu siswa untuk mengembangkan berpikir siswa dalam mencari
pemecahan masalah melalui pencarian data sehingga diperoleh solusi
untuk suatu masalah dengan rasional dan ontentik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar