Multidimensional scaling merupakan suatu teknik statistik yang mengukur objekobjek dalam ruangan multidimensional. Teknik ini didasarkan pada penilaian
responden mengenai kemiripan (similarity) objek-objek tersebut. Perbedaan
persepsi diantara semua obyek tersebut disatukan dalam suatu ruangan
multidimensional. Menurut Santoso (2015) MDS atau Multidimensional Scaling
berhubungan dengan pembuatan grafik (map) untuk menggambaran posisi
sebuah objek berdasarkan kemiripan objek tersebut. MDS dapat menganalisis
data non-metrik (nominal dan ordinal) ataupun data metrik (interval dan rasio).
Pada MDS terdapat nilai-nilai yang menunjukkan kedekatan antar objek yang
disebut proximity. Semakin dekat objek satu dengan salah satu objek lain maka
dapat dikatakan bahwa objek tersebut mirip. Apabila jarak antar kedua objek
saling berjauhan maka objek tersebut saling tidak mirip. MDS memiliki dua jenis
yaitu MDS metrik dan MDS non metrik. Perbedaa kedua jenis ini hanya terletak
pada data yang dimasukkan dalam program. Jika data memiliki tipe rasio atau
interval maka dikatakan MDS non metrik, sedangkan data yang bertipe ordinal dikatakan MDS metrik (Hair dkk, 2010). Hasil yang akan ditampilkan oleh MDS
dapat memberikan informasi seperti pengukuran citra, segmentasi pasar,
pengembangan produk, analisis harga, keputusan distribusi dan sikap terhadap
konsumen. Menurut Hair dkk (2010) MDS juga dapat membantu dalam beberapa
hal seperti:
1. Mengilustrasikan segmentasi pasar berdasarkan penilaian preferensi
konsumen.
2. Menentukkan produk yang kompetitif satu sama lain
3. Menyimpulkan kriteria penilaian konsumen terhadap suatu objek (produk,
perusahaan, iklan, merek, dll)
Multidimensional scaling mempunyai tujuan untuk menggambarkan secara lebih
sederhana dengan space yang ditampilkan mengenai penilian konsumen tentang
kemiripan suatu objek yang dibandingkan. Hair dkk (2010) menyatakan bahwa
apabila objek A dan B berada pada dimensi yang sama maka A dan B memiliki
jarak yang dekat dan mirip. Posisi semua objek tetap ditampilkan untuk
mengetahui space antar objek. Terdapat tiga langkah dasar dalam menganalisis
beberapa objek dengan menggunakan multidimensional scaling adalah:
1. Mengumpulkan ukuran kemiripan antar objek yang akan dianalisis
2. Menggunakan teknik MDS untuk mengestimasi posisi setiap objek dalam
jarak multidimensional.
3. Mengidentifikasi dan menginterpretasikan sumbu ruang dimensi
berdasarkan atribut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar