Senin, 24 Februari 2020

Multidimensional Scaling (skripsi dan tesis)


Mohanty (2012) melakukan penelitian mengenai brand positioning merk
shampoo di India dengan menggunakan pendekatan multidimensional scaling.
Dalam penelitiannya dlakukan perbandingan beberapa merk shampoo seperti
Dove, Sunsilk, Clinic Plus, Head and Shoulder, Pantene, Chick, Nyle, dan
Vatika. Dari hasil analisis MDS, didapatkan 3 faktor yang paling berpengaruh
untuk industri shampoo yaitu hair care, brand image, dan value for money.
Penelitian mengungkapkan bahwa Clinic Plus memiliki citra merk yang unik.
Dove dan Sunsilk memiliki citra pasar sejenis. Head & Shoulder dan Vatika
memiliki fitur yang mirip. Pada penelitian lainnya, seperti yang dikemukakan oleh Konuk dan Altuna (2011) mengenai perbandingan 5 merk shampoo di Turki dengan menggunakan multidimensional scaling. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mencari faktor yang paling mempengaruhi pemilihan merk shampoo di Turki. Ada 2 faktor yang berpengaruh yaitu “Brand Affect” dan “Brand Trust & Customer Service”. Chen (2010) melakukan penelitian mengenai pemilihan motel di Taoyuan dengan menggunakan multidimensional scaling dan cluster analysis. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai pikiran dan pandangan dari warga di Taoyuan, serta pertimbangan dan persyartan dalam memilih motel di Taoyuan. Dari hasil analisis didapatkan lima kelompok yang berbeda, yaitu “iDo supreme motel, York supreme motel”, “iLai leisure motel, Arousing scenario hotel”, “Bird of paradise motel”, “Li-Star International motel, Wego Hotel” dan “168 motel”. Perkembangan akomodasi dan pasar yang belum berkembang menjadi perhatian khsusus untuk pembisnis motel di Taoyuan. Dari beberapa penelitian yang sudah ada didapatkan bahwa pendekatan multidimensional scaling juga dapat dilakukan dengan brand positioning (Posisi Brand/Merk). Namun penelitian lain mengatakan bahwa analysis positioning juga
dapat dilakukan dengan multidimensional scaling. Penelitian lain mengenai hal
ini dilakukan oleh Wardhana (2015) mengenai posisi produk digital di Indonesia seperti notebook, kamera digital, dan smartphone menggunakan
multidimensional scaling dengan 5 atribut (designer attractiveness, reliability,
durability, features completeness, dan easy to find). Penelitian ini
membandingkan beberapa merk dari produk notebook, kamera digital, dan
smartphone tersebut. Shakhshir (2014) melakukan penelitian mengenai posisi
merk makanan di Rumania. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa faktor promosi berpengaruh terhadap persepsi konsumen dalam memilih merk makanan di Rumania. Selain itu, analisis posisi ini juga dilakukan oleh Megawe (2014) tentang produk sabun yang ada di Manado dengan bantuan correspondence analysis. Correspondence analysis ini dilakukan untuk mendapatkan persepsi konsumen mengenai produk sabun yang ada di Manado, yang kemudian akan diolah dengan MDS

Tidak ada komentar: